Harga Emas Naik, Pembeli Manfaatkan untuk Berinvestasi

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Harga emas terus alami kenaikan, terpantau emas Antam dibanderol hingga Rp 945.000 per gram naik Rp 3.000 dari harga sebelumnya, Minggu (4/7/2021).

Dewi, salah satu penjual emas di pasar Baru Tuban, mengungkapkan, lonjakan harga emas memang begitu gencar pada saat ini. Apalagi penerapan PKKM darurat yang diberlakukan pemerintah saat ini.


"Sudah hampir sebulan, harga emas terus alami kenaikan. apalagi kabarnya sekarang penetapan PKKM darurat sudah diberlakukan. Masyarakat yang panik, pasti akan memutar otak untuk menyimpan uangnya, yakni seperti berinvestasi emas, " jelasnya.

Dia menambahkan, untuk harga emas yang diperjualkan kisaran dengan harga Rp 250.000 per gram untuk emas muda, sedangkan untuk emas tua bisa sampai Rp 500.000 per gram.

“Kebanyakan masyarakat pada beli kisaran harga Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu sih, dan lumayan rame, ” tambahnya.

Yuli, salah seorang pembeli asal Semanding, mengatakan lebih memilih membeli emas dari pada barang yang lain.

"Kalau punya uang lebih mending dibuat beli emas, lumayan buat investasi apalagi harganya yang terus naik," ungkapnya.

Menurutnya,  di masa seperti ini dirinya harus mempersiapkan keuangan yang cukup. salah satunya dengan cara berinvestasi membeli emas.

Namun pada dasarnya, berinvestasi emas tidak akan salah. Apalagi tren harga emas yang cenderung terus menanjak meski diwarnai koreksi harga jual pada momen-momen tertentu.

"Enaknya kalau punya emas, sewaktu-waktu sedang butuh bisa dijual dan harganya bisa naik. Tapi kalau dibelikan properti atau barang elektronik pasti harganya terus turun, kalau tidak butuh uang mendadak ya bisa disimpan atau dipakai, ” pungkasnya.