Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Terpantau Stabil

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Menjelang perayaan Iduladha atau Hari Raya Kurban pada Juli mendatang, harga daging sapi dan kambing masih stabil.

Seperti halnya di pasar Baru Tuban, Kecamatan Semanding. Harga daging sapi di pasar ini untuk yang super berkisar Rp110 ribu per kilogram. Untuk yang biasa berkisar Rp100 ribu perk ilogram.

Salah seorang  penjual gading Tamsiah, mengatakan, harga daging sapi saat ini cukup normal. Meskipun menjelang hari raya kurban, tidak ada tanda tanda kenaikan.

“Memang sempat naik Rp10 ribu, tapi sebentar habis itu kembali normal lagi” katanya.

Menurutnya, semenjak pandemi harga daging tergolong turun dan tidak pasti. 

“Sebetulnya ini terjadi ya pas ada korona, sebelum ini harganya selalu naik kalau menjelang hari raya kurban,” ungkapnya.

Stok daging sapi sendiri saat ini masih cukup. Padahal, penjualan hewan kurban sempat terbatas akibat pasar hewan ditutup oleh pemerintah daerah. 

“Stok aman-aman. Beberapa keluhan dari penjual hewan sapi yang mengaku para pembeli sapi berkurang. Tapi tidak berpengaruh pada stok daging,” jelasnya.

Sementara itu Tiah, penjual sapi kurban mengatakan, mendekati hari raya kurban penjualan sapi mulai membaik. Berbeda halnya dari waktu sebelumnya. Yang mana penjualan hewan kurban rendah.

“Alhamdulillah, lumayan banyak yang sudah pesan. Tidak hanya sapi, saya juga ada stok kambing,” katanya.

Harapan nya, segera pulih dan kembali normal. Karena menurutnya semenjak pandemi penghasilan nya ikut berkurang, serta harga yang turun drastis.[nda/ono]