Dukung Vaksinasi 1 Juta Dosis, Mapolres Tuban Gelar Vaksinasi Masal, Ini Sasarannya
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-75 serta untuk mendukung program percepatan penanganan Covid-19, jajaran Polri menggelar vaksinasi 1 juta dosis secara gratis, Rabu (23/6/2021).
 
Program "Respons Vaksinasi Polri 1 Juta Dosis" tersebut juga digelar di Mapolres Tuban dengan sasaran masyarakat yang berkepentingan di mapolres serta yang belum pernah menjalani vaksinasi sebelumnya.
 
Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Polres Tuban bersama instansi terkait, disepakati bahwa target harian vaksinasi di Kabupaten Tuban sejumlah 9.000 dosis setiap hari.
 
"Kegiatan vaksinasi ini merupakan terobosan polres Tuban dalam rangka mendukung percepatan program pemerintah 1 juta dosis vaksin setiap hari," ujar Waka Polres Tuban, Kompol Priyanto.
 
Dijelaskannya, untuk pelayanan vaksinasi di mapolres dikhususkan untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan di Polres Tuban, seperti halnya mengurus SIM, SKCK dan yang lainnya yang belum pernah menjalani vaksinasi.
 
Selain vaksinasi di mapolres, Polres Tuban juga melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat secara keliling (Mobiling) dengan sasaran kerumunan masyarakat.
 
"Selain vaksin di mapolres, Polres Tuban juga melaksanakan mobile vaksin hunter, yaitu mobil ambulance yang isinya satu tim vaksinator. Mobil vakin hunter ini melaksanakan vaksinasi secara keliling kepada masyarakat dengan sasaran tempat keramaian," imbuh orang nomor dua di Polres Tuban itu.
 
Lebih lanjut, kegiatan vaksinasi ini puncaknya akan dilaksanakan nanti pada tanggal 26 Juni 2021. Dengan posko pelayanan vaksinasi di Pendopo Kridho Manunggal dan di GOR Rangga Jaya Anoraga.
 
Sementara itu, salah satu masyarakat yang menjalani vaksin, Puji Setyoningrum (30) mengatakan datang ke Polres Tuban untuk mengurus surat kehilangan. Namun dia harus menjalani vaksinasi terlebih dahulu, sebab, sebelumnya dia belum pernah menjalnani vaksin.
 
"Saya mau mengurus surat kehilangan ATM, kebetulan ada persyaratan yang belum vaksin harus di vaksin dulu. Jadi ya senang mas akhirnya saya dapat vaksin juga, terimakasih kepada kepada Polres Tuban yang sudah memfasilitasi vaksin gratis ini," kata Puji.
 
Hal senada juga disampaikan Dartun (43) warga Desa Prunggahankulon, Kecamatan Semanding juga merasa senang mendapatkan vaksin saat akan mengurus perpanjangan SIM di Mapolres Tuban.
 
"Saya mau ngurus SIM, awalnya kaget pak disuruh vaksin. Tapi akhirnya seneng pak dapat vaksin gratis, ini vaksin dosis pertama saya," pungkasnya.
 
Sekadar diketahui, mulai hari ini (22/6/2021) berkelanjutan, Polres Tuban menerapkan aturan bagi masyarakat yang berkepentingan di polres Tuban yang belum pernah vaksin akan mendapatkan vaksin ditempat.[hud/ito]