IGD dan Ruang Isolasi RSUD Jatirogo Dikabarkan Penuh, Begini Faktanya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di RSUD R. Ali Manshur Jatirogo, Kabupaten Tuban dikabarkan penuh, Senin (21/6/2021).

IGD dan ruang isolasi tersebut dikabarkan penuh lantaran beberapa pekan terakhir jumlah pasien Covid-19 di wilayah Kabupaten Tuban bagian selatan terus meningkat.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tuban, Bambang Priyo Utomo membenarkan jika dua hari yang lalu ruang IGD dan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di RSUD R. Ali Manshur Tuban penuh.

"Iya dua hari yang lalu IGD dan ruang isolasi di RSUD R. Ali Manshur Jatirogo penuh. Akan tetapi saat ini masih ada yang kosong karena dua pasien sudah pulang atau keluar dari rumah sakit," terang Kadinkes Tuban, Bambang saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut, pria yang juga Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 itu menjelaskan, di RSUD R. Ali Manshur Jatirogo pasien di ruang IGD yang mulanya penuh sudah digeser ke ruang perawatan. Sehingga IGD masih bisa menampung pasien.

Sedangkan, lanjut Bambang untuk fasilitas Tempat Tidur (TT) di ruang isolasi jumlahnya ada sebanyak 20 TT. Namun, karena ada dua pasien yang sudah keluar dari rumah sakit sehingga ruang isolasi masih mampu menampung pasien Covid-19.

"Jadi untuk saat ini ruang isolasi masih cukup untuk menampung pasien, tapi kalau jumlahnya banyak kemungkinan tidak cukup," imbuhnya.

Diketahui, berdasarkan peta persebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban pada (20/6/2021) jumlah komulatif terkonfirmasi covid-19 sebanyak 3.952 orang, jumlah pasien sembuh sebanyak 3.440 orang dan pasien meninggal sebanyak 430 orang.[hud/col]