Jelang Pelantikan Bupati Tuban, Karangan Bunga Bertebaran

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Minggu (20/6/2021) besok dijadwalkan pelantikan Aditya Halindra Faridzky – Riyadi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tuban. Pelantikan bakal digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Menjelang hari bersejarah tersebut, karangan bunga berisi ucapan selamat mulai bertebaran.

Karena itu, penyedia jasa layanan pembuatan karangan bunga kewalahan meneriam order tersebut. Salah satunya adalah bloKembang, anak usaha Blok Media Grup (BMG). Sejak satu minggu terakhir bloKembang mulai menggarapm orderan.

‘’Kami menerima puluhan orderan karangan bunga berbagai ukuran. Karena itu, kita lembur sampai malam untuk mengerjakan,’’ ujar Khoirul Huda, Manajer bloKembang, Jumat (18/6/2021).

Dia mengatakan, selain melayani pembuatan karangan bunga, bloKembang juga sekaligus mengantarkan dan memasang karangan bunga itu ke lokasi yang diinginkan pemesan. Sehingga, hal ini memudahkan pemesan.

‘’Jadi, tinggal pesan ukuran berasa narasi dan desain bagaimana, kami yang bergerak sampai karangan bunga dipasang di lokasi yang dikehendaki,’’ tambah dia.

Rata-rata pemesan meminta karangan bunga ucapan selamat tersebut dipasang di Pendapa Kridha Manunggal sekaligus rumah dinas bupati. Namun, tak jarang ada yang minta dikirim ke rumah bupati dan wakil bupati yang akan dilantik.

‘’Tak sedikit yang memesan lebih dari satu karena di pasang di rumah bupati, wakil bupati dan di pendapa. Kami layani semua,’’ kata Huda, panggilan akrabnya.

Sementara kepada wartawan, bupati dan wakil bupati terpilih mengaku tidak ada ritual khusus jelang pelantikan. 

Bupati terpilih Aditya Halindra Faridzky mengatakan bahwa jelang pelantikannya dia dan keluarganya hanya berdoa agar diberi kelancaran, tidak ada ritual khusus. Yang paling penting menurut dia, adalah bisa menjalankan amanah dan mengabdi kepada masyarakat. 

Mengenai keberangkatan, bupati yang masih lajang ini mengatakan Sabtu besok sudah harus berada di Surabaya. Sebab, ada gladi bersih sesuai rundown. Rencana berangkat akan didampingi ibundanya Haeny Relawati Rini Widyastuti.

“Mohon doa dari masyarakat Tuban semoga proses pelantikan berjalan lancar,” ucap Mas Lindra sapaan akrabnya.

Hal senada disampaikan Riyadi. Wakil Bupati terpilih ini mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang momen pelantikan. Dia menyiapkan tumpeng sederhana sebagai bentuk rasa syukur. Untuk proses keberangkatannya, Riyadi  akan berangkat dari rumah Rengel dengan didampingi istri dan kerabatnya.

“Bismillah memantapkan niat mengabdi ke masyarakat, minta doa dari ibu, orang tua, dan keluarga,” ungkap Riyadi.

Sementara itu Kadiskominfo Arif Handoyo membenarkan jadwal keberangkatan Bupati/Wakil Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky – Riyadi sehari sebelumnya. Sesuai arahan dari pemprov ada sejumlah rangkaian kegiatan yang harus diikuti sehingga harus berangkat lebih awal. Untuk itu pemkab telah harus mempersiapkan hotel untuk menginap.

“Rencananya Gladi Bersih dilakukan pada Sabtu sore. Kemudian Minggu 20 Juni jam 09.00 WIB proses pelantikan dimulai,” jelas Arif.

Karena masih dalam suasana pandemic, undangan dibatasi sebanyak 40 undangan yang bisa masuk di gedung Negara Grahadi Surabaya. Di dalamnya selain dari pihak keluarga Bupati/Wabup juga menghadirkan Forkopimda, KPU, Bawaslu, dan tenaga humas yang bertugas menyiarkan secara virtual di Gedung Grahadi Surabaya. 

“Kalau dari pihak pemerintah daerah nantinya  yang menghadiri adalah Pak Sekda Budi Wiyana,” tandas Arif.[ali/ono]