Ratusan Warga Desa Rahayu Divaksin Astra Zenica

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 150 warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko atau di sekitar Lapangan Mudi Pertamina mendapat giliran vaksinasi tahap I. Valsin yang disuntikkan adalah jenis Antra Zenica.

Selama vaksinasi berlangsung oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Soko pada Rabu (16/06/2021) pagi, Babinsa Koramil 0811/07 Soko bersama Bhabinkamtibmas melakukan pendampingan.

"Vaksinasi tahap I di Balai Desa Rahayu Kecamatan Soko Kabupaten Tuban dilakukan kepada 150 orang warga masyarakat yang berasal dari Desa Rahayu Kecamatan Soko," ucap Babinsa Serma Sukri.

Ditambahka  oleh Danramil 0811/07 Soko Kapten Inf Priwahyudi bahwa para Babinsa bersama Bhabinkamtibmas memang sering terlibat dalam pendampingan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Kegiatan pendampingan bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat yang akan mendapatkan suntikan vaksinasi.

“Para Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam melakukan pendampingan tersebut juga memberikan pemahanaman kepada masyarakat bahwa vaksinasi tersebut tentunya aman untuk digunakan,” jelas Danramil.

Seperti halnya para aparatur pelayanan publik termasuk TNI – Polri (Babinsa/Bhabinkamtibmas) sudah melaksanakan vaksinasi beberapa waktu yang lalu oleh para tenaga kesehatan.

Dilain tempat, Babinsa Sertu Mashadi juga menghadiri kegiatan sosialisasi Vaksinasi Covid-19 kepada warga masyarakat dan kelembagaan Desa di Balai Desa Sandingrowo.

Bidan Desa, Yuani dalam materinya mengatakan, berdasarkan perkembangan covid, salah satu upaya penanggulangan wabah ini dari pemerintah dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 sebenarnya secara umum merupakan antigen dari suatu mikroorganisme yang masih hidup atau mati, yang dilemahkan atau dimatikan dan dimasukkan kedalam tubuh seseorang, guna memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu.

Antigen yang di masukkan ke dalam tubuh yang sudah dimatikan, dapat menimbulkan kekebalan tubuh melawan Covid-19. Jika ada penyakit corona yang masuk kedalam tubuh, antibody yang sudah mengenali dengan terbentuknya sistem kekebalan akan bisa melawan atau bisa mematikan virus tersebut, sehingga tidak memberikan gejala. [ali/sas]