Wamendag RI Kunjungi Sistem Resi Gudang Tuban
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga mengunjungi Sistem Resi Gudang (SRG) di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Kamis (10/6/2021).
 
Kunjungan Wamendag itu dalam rangka untuk memastikan SRG di beberapa daerah berjalan optimal. Sebab, SRG merupakan program prioritas dari Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI.
 
"SRG merupakan program prioritas dari Kemendag, jadi kunjungan ini dalam rangka untuk memastikan pengelolaan SRG berjalan," terang Jerry Sambuaga didampingi Bupati terpilih dan Wabup Tuban.
 
Berdasarkan data yang diterima Kemendag RI, ada beberapa SRG di daerah yang pengelolaanya belum optimal, bahkan ada juga SRG di daerah yang hingga saat ini belum ada pengelolanya sama sekali.
 
"Oleh karena itu kita pastikan ke lapangan jika SRG ini berjalan," imbuh Wamendag.
 
Dia menjelaskan konsepsimasi dari SRG ini adalah untuk membantu para petani sebagai instrumen nilai jual. Disamping itu, SRG juga bisa untuk sekema pinjaman. 
 
Dengan menyimpan komoditasnya di SRG para petani bisa mendapatkan pinjaman sebagai modal tambahan untuk mengelola pertanian.[hud/sas]