Jatuh ke Galian, Pemilik Tambang di Palang Meninggal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - H. Sukiman (48), warga Dusun Karangdowo, Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban meninggal dunia usai terjatuh kedalam galian tambang batu gambrang miliknya sendiri.

Korban meninggal dunia usai terjatuh ke dalam galian tambang ketika menjadi operator mesin derek di lokasi tambang batu gambrang miliknya di Dusun Singget, Desa Pucangan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (8/6/2021) siang.

Kapolsek Palang, AKP Simon Triyono mengungkapkan, kronologi kejadian nahas itu berawal sekitar pukul 10.00 WIB, Saat itu korban datang ke lokasi tambang miliknya untuk membantu menjadi operator mesin derek.

Setelah mengoperasikan mesin derek di lokasi tambang guna untuk menarik batu gambrang, tiba tiba tiang penyangga mesin derek yang ditancapkan dibagian atas galian patah. Sehingga korban jatuh ke dalam tambang bersama mesin derek.

"Korban saat itu membatu aktivitas di tambang sebagai operator mesin derek. Setelah mengoperasikan mesin derek, tiba tiba tiang penyangga mesin derek putus sehingga korban jatuh ke dalam tambang bersama mesin derek," terang Kapolsek Palang.

Akibat kejadian itu, korban meninggal dunia di lokasi tambang lantaran mengalami luka parah pada bagian kepala. 

Usai berhasil dievakuasi oleh petugas bersama warga setempat dari dalam galian tambang, jenazah kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. Sebab, pihak keluarga tidak berkenan jenazah korban dilakukan otopsi.[hud/col]