160 Peserta Ikuti Latihan Kerja di BLK Tuban, Ini 10 Kejuruhan yang Dibuka

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tuban membuka kembali pelatihan kerja berbasis kompetensi angkatan ke-III dengan 10 paket/kejuruhan, Selasa (8/6/2021).

Pelatihan kerja yang diikuti 160 peserta tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Himawan Estu Bagijo pada kesempatan itu menyampaikan, pelatihan ini dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Sebab, kompetensi harus dimiliki oleh tenaga kerja dalam rangka menyongsong Kabupaten Tuban menjadi kota semi industri.

"Jadi kompetensi harus dimiliki oleh tenaga kerja kita, terlebih saat ini Kabupaten Tuban bergeser dari wilayah pertanian menjadi wilayah semi industri, dan itu membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan terlatih," jelas Himawan usai membuka pelatihan kerja berbasis kompetensi.

Himawan juga mengingatkan, jangan sampai dengan berdirinya banyak industri di Kabupaten Tuban para tenaga kerja tidak mempunyai kompetensi, sehingga tidak bisa menikmati kesempatan itu.

"Industri bukan perusahaan padat karya, namun hampir semuanya pakai teknologi sehingga kompetensi harus ditingkatkan," imbuhnya.

Dia berharap, dengan pelatihan ini para peserta bisa menjadi bagian dalam meningkatkan kualitas diri dan bisa bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan serta meningkatkan index pembangunan manusia.

Sementara itu, Kepala UPT BLK Tuban Tri Wahyanto mengatakan, pelatihan kerja berbasis kompetensi angkatan ke-III tahun 2021 ini diikuti sebanyak 160 peserta dengan jumlah paket/kejuruhan yang dibuka sebanyak 10 paket.

"Sejak pendaftaran dibuka secara online, ada sebanyak 700 pendaftar, namun dari hasil seleksi terjaring sebanyak 160 peserta yang lolos," kata Kepala UPT BLK Kabupaten Tuban.

Adapun, dalam pelatihan ini, UPT BLK Kabupaten Tuban membuka sebanyak 10 paket/kejuruhan, yakni Teknik Pendingin, Teknisi Instalasi Penerangan, Autocad Bangunan Pembuatan Roti dan Kue, Tata Rias Pengantin Hantaran.

Junior administrative Assistant, Practical Office, Mekanik Hidrolik Alat Berat Yunior Menjahit Pakaian Wanita Dewasa Teknik Sablon.

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini peserta bisa bekerja walaupun kondisinya dalam masa pandemi Covid-19. Serta bisa mengimplementasikan ilmu yang didapatnya dengan berwirausaha atau mandiri.[hud/sas]