Tetap Jaga Jarak, Puluhan Warga Antusias Ikuti Salat Gerhana di Masjid Jabal Nur

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Masjid Jabal Nur Bukit Karang, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menggelar Salat Gerhana Bulan, Rabu (26/5/2021). 

Salat Gerhana digelar tepat selepas Salat Jemaah Maghrib atau pukul 18.00 WIB. Sejumlah warga dari usia anak hingga Lansia tampak antusias dan khusuk mengikuti salat gerhana tersebut. 

Imam Salat Gerhana bulan yaitu Shofwan Hadi dengan Khotib Kiai M. Rosyad. Salat Gerhana Bulan kali ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 

Terlihat para jemaah tetap memakai masker dan menjaga jarak saat mengikuti kegiatan

Ketua GP. Ansor Ranting Kelurahan Karang, M. Aksanul Barohin El Amin mengatakan salat gerhana diikuti oleh 15 anggota, pengurus Ansor Karang dan warga sekitar. Sedangkan jemaah Masjid Jabal Nur kurang lebih 25 orang jadi total 40 orang karena ini masih masa pandemi jadi masih memakai sistem jaga jarak dan bermasker. 

"Untuk kapasitas masjid Jabal Nur kurang lebih 300-an orang, tapi berhubung masih masa pandemi maka jamaah dan peserta pengajian kami batasi," ujar Rohin saat dikonfirmasi. 

Usai Salat Gerhana bulan, dilanjutkan agenda pengajian rutin padang bulan dengan pembicara Ustaz Sholeh Ilham. Pengajian berlangsung kurang dari dua jam dan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Sementara Imam Salat Gerhana Ustaz Shofwan Hadi membacakan surat-surat dalam Alquran yang menjelaskan tentang bulan. Di antranya surat Al-Anbiya dan surat Asy-Syams. 

Dalam kesempatan tersebut, diuraikan agar umat Islam banyak beristighfar dan melaksanakan salat jika terjadi gerhana bulan dan matahari. 

Pemahaman orang dahulu, gerhana terjadi karena matahari atau bulan dimakan naga atau butho. Akan tetapi, nabi kita Muhammad SAW mengajarkan untuk salat jika terjadi gerhana bulan dan matahari. 

Semakin mendekati hari akhir, intensitas gerhana bulan dan matahari akan semakin meningkat. Umat Islam diimbau agar lebih mencermati tanda-tanda kebesaran Tuhan ini dan selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Rangkaian salat gerhana ditutup dengan doa. [ali/col]