Barang Berharga dan Uang Tunai Warga Jenggolo Ludes Terbakar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Barang berharga seperti sofa, spring bed, surat-surat berharga, uang tunai Rp3.000.000, etalase toko / rolling door, BPKb sepeda motor Honda Vario dan almari pakaian milik warga Rt. 10. Rw. 03 Dusun Kajongan, Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Tuban bernama Lani (70) tak bisa diselamatkan dari amukan si Jago Merah.

Api membakar rumah Lani sebelum pukul 08.15 Wib dan kemudian dilaporkan kepada tim pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Rabu (26/5/2021).

Saksi pertama yang melihat asap mengepul dari rumah adalah Imam Wahyudi (46). Ia adalah tetangga Lani dan meminta warga sekitar membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

"Tim Damkar BPBD mendapat laporan kebakaran pada pukul 08.15 Wib," ujar Kalaksa BPBD Tuban, Yudi Irwanto dalam laporannya.

Dari pantauan lapangan, diduga api berasal dari konsleting listrik pada kipas angin. Dengan kecepatan pemadan bersama warga, pada pukul 09.20 Eib tim Damkar berhasil memadamkan api.

Akibat kebakaran yang menghanguskan barang - barang berharga, pemilik rumah diprediksi mengalami kerugian kurang lebih Rp20 juta.
Sebagai antisipasi mendekati musim kemarau, BPBD menghimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada terhadap barang-barang yang bisa menjadi sumber api.

Selama ini selain konsleting listrik dan barang elektronik, kebakaran rumah maupun bangunan di Kabupaten Tuban dipicu bakar-bakar sampah dan main korek di dekat bensin.

Diketahui, sepanjang tahun 2019 BPBD Kabupaten Tuban mencatat ada 114 bencana kebakaran. Jumlah ini lebih banyak dari pada tahun 2018 dengan jumlah 105 bencana kebakaran. [ali/ito]