NPCI Turunkan 12 Atlet di Ajang Peparprov

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) Kabupaten Tuban menurunkan 12 atlet di ajang Pekan Paralimpiade Provinsi (Peparprov) Jatim I tahun 2021.

Mereka telah berangkat sejak Kamis (20/5/2021) dari halaman Kantor Pemkab. Rombongan diberangkatkan langsung oleh Sekda Tuban Budi Wiyana disaksikan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban Sulistiyadi dan Pembina NPCI Tuban, Zainal Maftuhien.

Ketua NPCI Kabupaten Tuban, Setiawan Gema Budi, Tuban menyampaikan, sebelum berangkat ke Peparprov NPCI telah menyeleksi atlet. Sekaligus menyambut Peparnas di Papua pada bulan November nanti. Untuk Peparprov sendiri ada empat cabor yang akan dipertandingkan yakni atletik, tenis meja, renang dan catur.

"Kemarin sudah menyelesaikan tehnical meeting dan besok baru lomba," jelas Gema saat dikonfirmasi.

Sementara, Pembina NPCI Tuban Zainal Maftuhien menjelaskan, atlet NPCI yang dikirim telah mengikuti pemusatan pelatihan kurang lebih 2 bulan. Pada Peparprov Jatim tahun ini, NPCI Tuban diyakini mampu meraih hasil optimal.

“Sesuai pengalaman tahun 2019, Tuban dapat emas di Kejurprov. Jadi madih ada peluang untuk berprestasi di Peparprov,” sambungnya.

Atlet yang berprestasi di ajang ini akan masuk tim Puslatda Jatim. Dikarenakan persiapan dan latihan yang dilakukan oleh NPCI Tuban selama ini baik.

Sebelumnya, Sekda Budi Wiyana meminta agar para atlet menjunjung tinggi sportivitas dan berjuang sekuat tenaga untuk meraih prestasi tertinggi. Sekaligus ditargetkan bisa masuk 10 besar dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Pasca Peparprov, Pemkab akan mengupayakan penghargaan dan reward bagi atlet NPCI yang meraih medali. Selain itu, altet NPCI juga akan menjadi Duta Kabupaten Tuban untuk mempromosikan potensi di kabupaten berjuluk kota seribu goa.

Diketahui, atlet NPCI Tuban hanya berlaga di dua cabang olahraga yaitu atletik dan catur di Peparprov Jatim tahun 2021. Kejuaraan tersebut menjadi ajang bagi atlet NPCI Tuban untuk mengoptimalkan kemampuan masing-masing.

Peparprov Jatim tahun 2021 akan digelar mulai tanggal 20-24 Mei 2021 di Surabaya. Para atlet akan berjuang memperebutkan piala bergilir Gubernur Jawa Timur untuk menuju Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2021 di Papua. [ali/col]