Masa Tunggu Haji di Tuban Capai 31 sampai 32 Tahun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Masa tunggu atau antrian keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Tuban mencapai 31 sampai 32 tahun. Hal itu diungkapkan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Khulsum.

"Antrean keberangkatan haji di Kabupaten Tuban sekitar 31 sampai 32 tahun," terang Umi Khulsum.

Umi menjelaskan, mundurnya masa tunggu keberangkatan CJH itu salah satunya dikarenakan dampak pandemi Covid-19, yang mana pemerintah memutuskan meniadakan penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2020.

Disamping itu, setiap tahun pendaftar CJH di Kabupaten Tuban begitu tinggi yakni sekitar 5.000 CJH. Sedangkan kuota keberangkatan pertahun hanya sekitar 1.000 CJH lebih.

"Berdasarkan waiting list di Kabupaten Tuban sampai pada akhir Desember tahun lalu sebanyak 37 ribu CJH lebih," imbuh Umi.

Sementara itu diketahui, selama tahun 2021 ini pendaftar haji reguler juga terbilang tinggi yakni berjumlah 935 orang dengan rincian: Pendaftar bulan Januari sebanyak 250 orang, bulan Pebruari sebanyak 211 orang, bulan Maret sebanyak 226 orang, bulan April sebanyak 198 orang dan bulan Mei sebanyak 50 orang.

Adapun untuk persyaratan pendaftaran haji di PLHUT yakni, berkas dari bank (berkas validasi), fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi rekening, fotokopi surat nikah/akte/ijazah, cek golongan darah, tinggi dan berat badan, Foto haji 80 persen tidak boleh pakai kacamata.[hud/col]