Dukung Masyarakat di Wilayah Operasinya, EMCL Salurkan 1.320 Sembako

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Operator Lapangan Minyak Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) mendistribusikan dukungan sembako di wilayah operasinya sebanyak 1,320 buah pada Selasa (11/5/2021).

Setelah sebelumnya mendistribusikan paket tersebut di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bojonegoro dan Tuban, kegiatan ini ditutup dengan pendistribusian di wilayah Blora, yakni Kecamatan Cepu dan Sambong. Sembako diberikan oleh EMCL atas arahan dan dukungan SKK Migas dengan tujuan untuk mendukung masyarakat yang ekonominya terdampak oleh pandemi Covid-19.

Dukungan paket Sembako ini diserahkan keempat kecamatan di Kabupaten Tuban dan dua Kecamatan di Bojonegoro dan dua Kecamatan di Kabupaten Blora sejak Senin (10/5/2021) disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tuban, Eko Julianto serta Camat di masing-masing kecamatan.

Secara simbolis, paket Sembako diserahkan oleh Rexy Mawardijaya, sebagai perwakilan EMCL. Mewakili masyarakat Kabupaten Tuban di Pendopo Kecamatan Plumpang, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tuban, Eko Julianto, mengapresiasi aksi kepedulian dari pihak EMCL ini, salah satunya dengan memberikan bantuan paket sembako bagi masyarakat di empat kecamatan di Kabupaten Tuban.

“Semoga kita semua mendapat keberkahan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini,” ujar Eko Julianto.

Mantan Kabag Kesra Pemkab Tuban juga menyampaikan terima kasih kepada EMCL yang telah memberikan paket sembako di wilayah Kabupaten Tuban.

Tak hanya Kepala Dinsos Kabupaten Tuban, Camat Palang, Rohmad menyampaikan bahwa apa pun bentuk bantuan saat ini sangat membantu pihak Kecamatan Palang dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini.

Hal Serupa juga disampaikan oleh Camat Sambong dan Camat Cepu di Kabupaten Blora juga mengungkapkan apresiasi atas bantuan paket sembako yang diberikan oleh EMCL dalam meringankan masyarakat terdampak pandemi.

“Bantuan paket sembako itu, hari ini langsung kami serahkan pada masyarakat di Desa Giyanti,” ujar Nunik Sulistiyo Herniyati selaku Camat Sambong di Balai Desa Giyanti, Selasa (11/5/2021).

Dalam kesempatan serah terima itu, Camat Sambong juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu menggunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun dalam mencegah agar tidak terpapar COVID-19.

Rexy Mawardijaya selaku perwakilan EMCL menyampaikan, pada kondisi yang normal dukungan paket sembako ini biasanya disalurkan melalui kegiatan Safari Ramadhan bersama dengan SKK Migas, namun adanya situasi pandemi mengharuskan pemberian sembako ini untuk disalurkan secara langsung.

“Kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat seperti Dinas Sosial, Camat serta Kepala Desa untuk mekanisme pembagian sembako ini, sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan tetap taat dengan Prokes,” tutur Rexy.

Rexy menambahkan, EMCL berkomitmen untuk terus mendukung masyarakat di wilayah operasinya. Bentuk dukungan paket sembako sebanyak 1,320 buah ini merupakan bentuk nyata dukungan EMCL kepada masyarakat.

“Kegiatan Safari Ramadan pada masa pandemi ini juga memberi makna untuk saling berbagi kepada sesama,” tutup Rexy. [ali/col]