Serunya Berwisata Sambil Santap Seafood Keroyokan di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kalau mengaku pencinta seafood, kalian mesti mencoba menu baru. Ada nuansa baru dari Wisata Pantai Kelapa yang sangat berkesan.

‘Seafood Pantai Kelapa’ hadir untuk menemani hari-harimu. Sajian menu seafood dengan nuansa pantai yang luar biasa, dijamin kamu bakal ketagihan.

Menu andalan yang terhits adalah seafood keroyokan. Makanan ini dapat ditemukan di Jalan Tuban – Gresik kilometer 1-2, Dusun Kepoh, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur.

Dari Alun-Alun Tuban ke arah timur melewati jalan pantai utara (Pantura). Hanya berjarak sekitar 500 meter dari pertigaan Manunggal Lor. Terletak di sisi utara sekitar 100 meter dari jalan Daendels.

Founder Seafood Pantai Kelapa, Solikin Faisol mengaku sengaja mengangkat menu andalan seafood keroyokan yang berisi beragam kerang, kepiting, rajungan, cumi - cumi dan udang dengan berbagai varian.

"Sangat komplit isinya ada kerang hijau, kerang batik, dan kerang tahu juga. Dalam satu porsi bisa dimakan berlima, jadi bisa rame-rame dan cocok banget untuk keluarga maupun kolega," ujar Solikin kepada reporter blokTuban.com seusai buka puasa, Kamis (29/4/2021).

Pria asal Bulu - Bancar ini menambahkan, seafood keroyokan merupakan ide baru di Kabupaten Tuban dan berbeda dengan menu di restoran lainnya. Sesuai dengan potensi kunjungan di Pantai Kelapa pada akhir pekan mencapai 8.000 orang, belum dihadirkan menu khasnya Tuban.

Sebagai wilayah Pantura, seafood di Tuban cukup melimpah. Ketika seseorang bisa menyantap seafood di tepi pantai dan minumnya kelapa muda, tentu itu kenikmatan luar biasa.

"Target dari menu ini kalangan menengah - atas karena seafood tidak bisa dibandrol dengan harga murah. Potensi ini yang sengaja diangkat sebagai momen kebangkitan ekonomi kerakyatan," terangnya.

Kualitas seafood lanjut Solikin sangat terjaga, karena diambil langsung dari masyarakat nelayan Panyuran - Palang. Para nelayan telah diajak kerjasama untuk memenuhi stok seafood supaya sama-sama bergerak.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata sambil menyantap seafood keroyokan, bisa datang pada pukul 10.00 -22.00 Wib di luar bulan Ramadan. Sedangkan saat puasa mulai buka pukul 14.30 - 22.00 Wib.

Hiburan live musik juga disediakan pada hari Jumat malam Sabtu. Tidak hanya kuliner, cafe kopi juga disediakan. Sasarannya masyarakat yang ingin nongkrong di tepi pantai.

"Ada 13 gasebo dan meja kursi di tepi pantai yang kita siapkan. Satu gasebonya bisa untuk enam sampai tujuh orang. Kalau ditotal bisa cukup 250 orang. Untuk parkir tidak usah khawatir sangat luas, dengan daya tampung 200 mobil," tambahnya.

Solikin mengingatkan pengunjung lebih baik reservasi dulu, karena khawatirnya tidak kebagian tempat. Khususnya bulan puasa ini, pada hari Sabtu besok tempat sudah penuh dipesan.

Sekedar diketahui, bisnis kuliner Seafood Keroyokan merupakan kolaborasi antara Solikin dan Pokdarwis Wisata Pantai Kelapa baik dari sisi modal hingga keahliannya.

Solikin sendiri telah malang melintang membuka bisnis kuliner di Jawa Timur. Mulai dari Malang, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan kabupaten/kota lainnya. [ali/sas]