Baksos, Kemenag Tuban Bagikan Bantuan dengan Naik Perahu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kemenag Tuban menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di Bulan Ramadan. Kali ini, kegiatan Baksos dilakukan di Dusun Dermalang, Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban.

Untuk menjangkau wilayah tersebut, rombongan pejabat Kantor Kemenag Tuban harus melewati rawa sekitar 3 kilometer dengan menaiki perahu sampan. Bantuan disalurkan bagi warga di MI Tarbiyatul Islamiyah.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid mengatakan,

sangat terharu dalam kondisi seperti ini masih ada pejuang-pejuang pendidikan seperti halnya Kepala dan Guru MI Tarbiyatul Islamiyah yang ada di Dusun Dermalang ini. 

"Anakku sekalian, tetep semangat jangan berkecil hati dan terus semangat, banyak tokoh-tokoh besar nasional yang lahir dari kalangan orang biasa, miskin dan dari daerah terpencil," ujar Kepala Kantor Kemenag Tuban.

Menurutnya, madrasah ini harus tetap eksis berbagi ilmu dan selalu dirawat agar terus dilestarikan jangan sampai mati. Dia juga berharap untuk setiap bulan Ramadan selalu memberikan Bansos di MI Tarbiyatul Islamiyah. 

Lebih lanjut, Sahid mengaku baru pertama kali ini dia datang ke lembaga pendidikan dengan naik perahu. "Saya baru kali ini Monev atau kunjungan ke lembaga naik perahu sejauh sekitar 3 kilometer karena tidak ada akses untuk ke lembaga ini selain dengan perahu tersebut," sambung Sahid.

Terakhir, dia juga berpesan kepada anak-anak didik di MI Tarbiyatul Islamiyah ini agar setelah lulus tetap melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi meskipun harus merantau.

Sementara itu, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Tuban, Imam Syafi'i mengatakan bantuan ini bersumber dari pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh pegawai Kantor Kemenag Tuban. 

"Sebagai bentuk syukur kami bisa datang kesini, meskipun tidak seberapa nilainya semoga bermanfaat untuk guru dan siswa disini," pungkasnya.[hud/col]