Satgas Tracing Warga Terkonfirmasi Covid-19

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 di tingkat desa Babinsa Koramil 0811/20 Grabagan wilayah binaan Desa Waleran Kopda M. Fatoni bersama tim tracer dari Puskesmas Grabagan pada Selasa (20/4/2021) melakukan tracing terhadap warga yang terkonfirmasi Covid-19 di Dusun Boro Kembang, Desa Waleran, Grabagan.

Tracing bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang kontak langsung dengan warga yang terkonfirmasi Covid 19. Kemudian bisa dilaksanakan swab test untuk memastikan apakah warga yang kontak langsung dengan orang yang terkonfirmasi Covid 19 positif atau negatif sehingga penularan virus bisa dicegah.

Satgas Grabagan langsung mendatangi rumah warga yang terkonfimasi untuk menanyakan kondisi kesehatanya dan menanyakan siapa aja yang kontak langsung dengan yang terkonfirmasi dengan humanis.

"Setelah mengetahui kondisi yang terkonfirmasi Covid 19 dan mendapat siapa saja yang kontak lansung, Babinsa dan Tim Tracer Puskesmas Grabagan menghimbau agar selama melaksanakan isolasi mandiri dirumah tetap mematuhi protocol kesehatan seperti wajib memakai masker, rajin cuci tangan, jarak jarak dan jangan keluar rumah," ujar M. Fatoni.

Tim tracer puskesmas mengatakan isolasi mandiri ini dilaksanakan selama 14 hari, dan setelah itu akan diadakan cek swab test lagi. Selama isolasi mandiri apabila ada keluhan agar segera menghubungi Puskesmas Grabagan, agar pihak puskesmas mengetahui perkembangannya.

Pada kesempatan itu Babinsa Kopda M. Fatoni menghimbau kepada warga agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, untuk mencegah penularan corona.

Sekedar diketahui, peta sebaran corona di Kabupaten Tuban pada tanggal 19 April 2020 tercatat ada sembilan kasus baru dengan total komulatif terkonfirmasi 3481 kasus.

Selain itu, ada dua orang meninggal dunia dengan total kumulatif 385 orang. Tidak ada pasien yang sembuh dengan total kumulatif 3052 orang. [ali/sas]