Sinergitas Forkopimka Soko Jalin Silaturahmi dan Kamtib Perguruan Silat

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka menjalin silaturahmi serta menjaga keamanan dan ketertiban (kamtib) suasana di Kecamatan Soko, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Soko hari ini menggelar pertemuan khusus dengan para tokoh dan pengurus perguruan silat yang ada di wilayah setempat.

Acara yang digelar di area Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Soko ini, di hadiri sejumlah perguruan silat. Seperti perguruan Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia (IKS PI) Kera Sakti, Pagar Nusa (PN), Pencak Organisasi (PO), Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), juga White Piegon Poundation (WPP).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Soko, AIPTU Khoirul Amad mengungkapkan bahwa kegiatan silaturahmi ini selain untuk meningkatkan sinergitas penciptaan suasana yang damai,  juga membentuk komunikasi agar meminimalisir kesalahpamahaman antar perguruan silat.

"Kita bangun komunikasi yang baik antar perguruan silat yang ada di Kecamatan Soko, demi menjaga suasana yang aman dan tertib. Meminimalisir salah paham, yang bisa mengakibatkan perselisihan," kata Kapolsek Soko kepada blokTuban.com, Kamis (15/4/2021).

Ditambahkan lagi, output dari pertemuan para pengurus perguruan silat nantinya akan memunculkan spirit terbentuknya ulang Forum Perguruan Pencak Silat se-Kecamatan Soko.

Hal senada juga dipaparkan oleh Danramil Soko, Kapten Inf Priwahyudi. Kegiatan yang bertujuan untuk menjalin kekeluargaan antar warga pencak silat, penting dijaga dengan simpul silaturahmi.

Kejadian tawuran atau baku hantam, seminimal mungkin dihindari. Bercermin pada wilayah lain, yang mana sempat ramai soal perkelahian oknum dari komunitas pencak silat yang meresahkan mayarakat. [feb/sas]