Es Cendol Dawet, Minuman Segar Buat Buka Puasa

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com – Es cendol adalah salah satu jenis minuman khas Indonesia. Cendol identik dengan warna untaian hijau menyerupai mi kenyal ini dicampur dengan santan dan gula aren cair. 

Minuman dengan rasa manis yang khas ini sangat cocok bila menjadi teman berbuka puasa. Di daerah Tuban sangat mudah dijumpai dan ditemukan, misalnya di sekitar jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Semanding, Tuban.

“Kalau hari biasa, saya jualan es cendol dawet dari pagi sampai sore. Tapi kalau bulan puasa buka mulai jam 13.00 WIB sampai 18.00 WIB,” tutur Didik, salah satu penjual es cendol di jalan Hayam Wuruk

Menurutnya, minuman es cendol dawet masih banyak peminatnya. Apalagi saat bulan puasa, pembeli semakin bertambah.

“Walaupun minuman tradisional, peminatnya masih banyak. Nggak kalah sama minuman jaman sekarang yang sudah moderen. Selain cocok buat buka puasa dan segar, es dawet tidak mengandung pengawet atau pemanis buatan, jadi aman diminum,” ungkapnya.

Minuman dengan bahan baku tepung beras dan gula jawa ini, tidaklah sulit untuk membuatnya. Dengan membutuhkan beberapa bahan saja sudah jadi, yakni dengan tepung beras, tepung tapioka, pandan, garam, air sama es batu.

“Membuatnya tidak sulit, Cuma butuh beberapa bahan. Kalau bahan dawetnya Cuma dengan tepung beras, tepung tapioka, pandan, garam, air sama es batu. Kalau buat kuahnya ya Cuma santan, gula jawa, sama air. Sudah gitu aja, mudah sekali,” pungkasnya.[ulf/ono]