Terkait Larangan Mudik, Polres Tuban Gelar Operasi Keselamatan Semeru Selama Dua Pekan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama dua pekan ke depan, Polres Tuban akan menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2021. Kegiatan operasi itu resmi ditandai dengan apel gelar pasukan di lapangan Mapolres setempat, Senin (12/4/2020).

Pada kesempatan itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menyampaikan, pelaksanaan operasi keselamatan semeru tersebut akan dilaksanakan mulai hari ini tanggal 12 sampai dengan Minggu tanggal 25 April 2021.

Operasi dengan sasaran Masyarakat pengguna jalan tersebut dalam rangka menindaklanjuti kebijakan pemerintah. Tujuan operasi adalah memberikan edukasi masyarakat kaitannya dengan kebijakan larangan mudik.

"Tujuannya operasi ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan kebijakan larangan mudik," terang Kapolres Tuban.

Lebih lanjut, tentunya kegiatan operasi ini jajaran Polres Tuban akan berkoordinasi bersama Pemerintah Daerah sebagai tindaklanjutnya.

Rencananya, lanjut Kapolres, di perbatasan akan ditempatkan personel sebagaimana setiap tahun. Tentunya, meskipun bukan dalam rangka penyekatan namun jajaran Polres Tuban tetap akan membangun pos pelayanan dan pos pantauan.

"Meski bukan penyekatan, kita tetap akan bangun pos pelayanan dan pos pantauan dalam rangka Operasi Ketupat. Rencananya ada 4 pos," imbuh mantan Kapolres Madiun tersebut.

Menurutnya, jika nantinya ada pelanggar terkait larangan mudik, nanti personel dari Polres Tuban akan mengecek dengan teliti. Apakah itu benar-benar pemudik atau memang masyarakat dalam perjalanan antar daerah lalu akan dikoordinasikan dengan dinas terkait.[hud/ono]