Warga Tuban Rasakan Gempa

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Gempa bumi berkekuatan 6.7 SR yang terjadi Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00.15 WIB dirasakan oleh sejumlah warga di Kabupaten Tuban.

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ada di kedalaman 25 Km di bawah permukaan tanah 8.95 LS dan 112.48 BT.

Widodo Ketua RT 2 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban salah satu orang yang merasakan getaran gempa siang ini. Posisinya sedang di lantai 2 Plaza Ikan di Jalan PB. Sudirman bersama dua petugas Plaza.

Awalnya ia mengira kursi yang didudukinya bergerak sendiri, ternyata getaran juga dirasakan dua temannya di ruangan yang sama. Getaran dirasakan kurang lebih lima detik, dan dua kali terjadi beruntun.

"Waktu saya duduk merasakan getaran seperti gempa hingga dua atau tiga kali. Cuma lima menit tapi terasa jelas," terang Widodo kepada reporter blokTuban.com menegaskan.

Waktu ia turun ke lantai dasar, Widodo kemudian tanya ke para pedagang ikan dan ternyata mereka tidak menyadari adanya getaran gempa.

Ahmad Latifudin (28) warga Desa Sawahan, Kecamatan Rengel merasakan getaran serupa dengan Widodo. Ia merasakan karena sedang rebahan di teras rumahnya.

"Saya rebahan habis pulang kerja. Getarannya kurang lebih lima detik. Ternyata saya cek story medsos teman-teman di Malang juga merasakan gempa yang sama," sambung Latif.

Kepala BMKG Tuban, Rofiq Isa Mansyur membenarkan bahwa gempa terasa hampir di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Gempa ini telah dikonfirmasi tidak menimbulkan tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa ada di 90 Km barat daya Kabupaten Malang," pungkasnya. [ali/mu]