Pulihkan Ekonomi Desa Karangagung, BUMDes Gelar Pameran Produk UMKM

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Karangagung, Kecamatan Palang menggelar pemeran produk UMKM desa di Alun-alun desa setempat.

Pemeran tersebut sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Melalui pameran produk UMKM ini, diharapkan warga yang berkunjung mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang pantas.

Salim Mansyur selaku Ketua BUMDes Bahari Sejahtera Karangagung mengatakan, pemulihan ekonomi se-Kecamatan Palang khususnya di Desa Karangagung ini sangat penting dibangun melalui pendampingan BUMDesa terhadap UMKM akibat dampak pandemi.

"Terlebih UMKM merupakan tulang punggung menuju desa mandiri," ujar Salim Mansyur, Rabu (7/4/2021).

Untuk itu, lanjut Salim Mansyur bahwa BUMDes akan selalu bersinergi dengan pelaku ekonomi guna mananggulangi turunnya nilai pendapatan ekonomi warga. Upaya ini akan selalu berkelanjutan tentunya dengan strategi lain yang kondisional dan fugsional.

Melalui pameran ini, pencapaian kekuatan ekonomi masyarakat akan selalu mengalami peningkatan. Jikalau ekonomi kuat maka, dampak Kesehatan dan sumber daya manusia juga akan membaik.

Hal lain yang perlu dia anggap penting, sambung Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto adalah adanya konstribusi yang nyata sebagi pilar kekutan dari lembaga pemberdayaan masyarakat, pendamping desa, PemDes, Babinkamtibmas, dan Babinsa.

"Selain memfasilitasi berupa pameran, kedepannya BUMDes akan memberikan suntikan pinjaman lunak untuk mengembangkan usaha para UMKM desa," terang Aji. 

Di kesempatan ini, produk unggulan yang dipamerkan mulai dari olahan hasil tangkap laut jadi krupuk ikan, abon ikan, olahan sampah plastik jadi kerajinan tangan tas, asbak, dan juga ada olahan ikan segar.

Sekedar diketahui, gebrakan awal tahun 2021 BUMDes menyiapkan 12 stand pameran di dalam dan sisanya lesehan di luar Alun-alun desa. Melibatkan ibu-ibu binaan Srikandi EMCL, pemuda dan warga Karangagung. [ali/ono]