Hari Nelayan, Pencari Ikan Terseret Gelombang di Laut Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hari Nelayan Nasional diperingati setiap tanggal 6 April. Bersamaan dengan itu, kabar duka datang dari nelayan di pesisir pantai utara Kabupaten Tuban.

Pasalnya, satu orang nelayan asal Desa Gadon, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban meninggal dunia usai terseret gelombang laut ketika cuaca buruk melanda kawasan perairan utara Kabupaten Tuban.

Data yang dihimpun blokTuban.com, nelayan nahas itu diketahui bernama Miskan (67) nelayan asal Desa Gadon, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Korban menghembuskan napas terakhirnya dalam perjalanan menuju Puskesmas terdekat.

Kapolsek Tambakboyo, AKP Eko Sumartono mengungkapkan, kronologi kejadian itu terjadi sekitar pukul 11.40 WIB. Saat itu, korban baru saja selesai melaut bersama teman-temanya dan hendak menurunkan jangkar untuk menepi.

"Karena kondisi cuaca yang sedang buruk, korban yang turun dari perahu dan akan berenang ke tepi menggunakan jirigen tersebut tiba-tiba angin berhembus kencang sehingga korban terbawa arus ke arah timur," jelas Kapolsek, Selasa (6/4/2021).

Teman korban bernama Munip yang mengetahui korban terbawa arus, kemudian berusaha berenang dan menolong korban. Tidak berlangsung lama akhirnya korban berhasil ditolong oleh temannya dibantu dari BPBD dan Polairud.

Setelah berhasil ditolong, kemudian korban dibawa ke Puskesmas Tambakboyo. Namun, ketika sampai di Puskesmas korban sudah dinyatakan meninggal dunia.

"Dari keterangan petugas Puskesmas Tambakboyo, korban sudah meninggal dunia ketika sampai di Puskesmas Tambakboyo," imbuhnya.

Selanjutnya, petugas dari Polsek Tambakboyo yang datang ke lokasi langsung mendatangi TKP dan membuat sket TKP, melakukan identifikasi, melakukan pemotretan TKP serta mencari keterangan saksi-saksi.[hud/col]