Vaksinasi Tahap I di Tuban Lebihi Sasaran: Satgas Sebut Banyak Nakes Ingin Divaksin

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Program vaksinasi tahap I dosis pertama dan kedua di Kabupaten Tuban telah selesai. Vaksinasi tahap I di Bumi Wali dengan sasaran Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Faskesyan) Tenaga Kesehatan (Nakes) tersebut berlangsung lancar.

Bahkan tercatat, vaksinasi tahap I tersebut melebihi dari sasaran yang diusulkan. Sebab, para nakes yang membuka praktik pribadi banyak yang ingin divaksin lebih dulu.

"Banyak nakes yang praktik pribadi akhirnya mendaftar vaksinasi. Awal-awalnya kami yang aktif," terang Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati, Kamis (1/4/2021).

Lebih lanjut, data yang dihimpun blokTuban.com dari Satgas Covid-19 Tuban, program vaksinasi tahap I jumlah sasaran penerima vaksin sinovac sebanyak 3.349 orang nakes.

Namun, pada kenyataannya vaksinasi dosis pertama tersebut terdapat sebanyak 4.039 orang nakes atau 120.60 persen dari sasaran. "Sedangkan pada vaksinasi dosis kedua terdapat sebanyak 3.850 orang atau 114.96 persen dari sasaran," imbuhnya.

Lebih lanjut, setelah program vaksinasi tahap I selesai, Pemkab Tuban melanjutkan program vaksinasi tahap II dengan sasaran, TNI, Polri, Satpolpp, pegawai instansi pemerintah, pegawai BUMN, tokoh agama, pendidik (guru/ dosen), Pedagang pasar, sopir angkutan umum serta petugas tempat wisata. [hud/mu]