Verifikasi Calon Polri, Polres Tuban Libatkan Pengawas Eksternal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pendaftaran penerimaan Polri tahun 2021 secara online resmi dibuka pada 19 Maret. Pendaftaran tersebut dibuka melalui website resmi penerimaan Polri https://penerimaan.polri.go.id.

Penerimaan Polri baik Taruna, Bintara dan Tamtama tersebut dibuka selama 14 hari, terhitung mulai 19 Maret hingga 1 April 2021 dengan beberapa ketentuan dan persyaratan yang ada.

Sampai Senin (29/3/2021) siang ini, ratusan pendaftar yang mayoritas lulusan SMA/Sederajat mendatangi polres setempat untuk melakukan proses verifikasi setelah melakukan pendaftaran secara online.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono menyampaikan, seluruh proses pendaftaran penerimaan anggota Polri tidak dipungut biaya alias gratis. 

Adapun dalam proses verifikasi berkas, Polres Tuban melibatkan dinas terkait, dari Dinas Dukcapil, Dinas Pendidikan serta dari Kantor Kemenag Tuban.

"Pendaftaran Polri ini gratis tanpa dipungut biaya, akuntabel dan juga transparan. Kita libatkan pengawas dari internal ada propam dan dari eksternal kita menggandeng LSM dan tokoh agama untuk mengawasi proses penerimaan calon anggota Polri," terang Kapolres Tuban. 

Dia mengimbau, kepada masyarakat yang putra-putrinya mengikuti pendaftaran seleksi masuk Polri agar selalu mempercayakan kemampuan putra-putrinya.

"Kami imbau kepada orang tua yang putra putrinya mengikuti seleksi masuk polri. Percayakan kepada kemampuan putra putrinya, karena yang bisa meloloskan adalah kemampuan putra putrinya dan doa dari orang tua," pungkas Kapolres.

Sementara itu, Kabag Sumda Polres Tuban AKP Mardiyah saat memantau proses verifikasi menyampaikan, hingga hari ke 11 usai pendaftaran online dibuka, peminat yang mendaftar dari wilayah Kabupaten Tuban cukup banyak.

Tercatat hingga siang ini ada sebanyak 165 pendaftar polri baik Taruna, Bintara maupun Tamtama.

Dalam proses verifikasi ini dimulai dengan pengukuran tinggi badan serta berat badan, jika memenuhi persyaratan langsung dilanjutkan pemeriksaan berkas," tandas AKP Mardiyah.

Sebatas diketahui, pendaftaran polri resmi dibuka melalui website https://penerimaan.polri.go.id terhitung mulai tanggal 19 Maret hingga 1 April 2021. 

Usai mendaftar secara online, peserta diwajibkan melakukan verifikasi ke panitia bantuan penerimaan yang ada di wilayah masing-masing maksiml 4 hari setelah meakukan pendaftaran online. 

Jika lebih dari 4 hari usai melakukan pendaftaran online, maka dinyatakan hangus, dan peserta harus melakukan pendaftaran ulang.[hud/col]