Warga Bektiharjo Gotong Royong Tambal Jalan Berlubang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Belasan warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban kompak melakukan aksi gotong-royong menambal jalan poros desa yang berlubang. 

Kegiatan gotong-royong yang dimotori oleh paguyuban serkel tersebut dilakukan lantaran jalan poros desa berlubang parah akibat tergerus air selama musim penghujan.

Ketua Paguyuban Serkel, Umar mengatakan, kegiatan gotong-royong ini dilakukan oleh warga bersama dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) dalam rangka untuk menghindari resiko kecelakaan para pengendara yang melintas.

"Warga berinisiatif menambal jalan berlubang untuk sementara, sambil menunggu perbaikan jalan dari pemerintahan daerah yang rencananya bulan oktober nanti," ujar Umar, Minggu (28/3/2021).

Dijelaskannya, dana untuk menambal jalan berlubang tersebut merupakan hasil partisipasi sumbangan dari masyarakat desa setempat bersama para pengusaha serkel untuk membeli material buat menambal jalan.

"Ini dana swadaya masyarakat dan juga difasilitasi oleh pemerintah desa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Umar membeberkan dana yang dibutuhkan untuk menambal jalan desa sepanjang kurang lebih 3 kilometer ini sangat besar.

Namun, warga mengerjakan semampunya terlebih dahulu dan apabila ada kekurangan terkait material atau apapun akan dibicarakan kembali bersama-sama untuk menemukan solusi selanjutnya.

"Perkiraan yang akan dibutuhkan sekitar Rp25 sampai Rp30 juta rupiah," bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Bektiharjo Sumarlip mengungkapkan, kegiatan gotong-royong warga Dusun Bogor, Desa Bektiharjo ini dilakukan sembari menunggu proyek perbaikan jalan dari Pemerintahan Kabupaten.

"Rencananya proyek perbaikan jalan tersebut akan dikerjakan setelah lebaran," ucap Sumarlip.

Kades yang juga ikut turun bergotong-royong itu menambahkan, jalanan yang rusak sudah termasuk kategori parah karena derasnya debit air hujan yang turun belakangan ini.

Dia berharap, agar aksi gotong-royong warga Desa Bektiharjo ini bisa berkelanjutan untuk kedepannya. Sehingga lingkungan tempat tinggal mereka menjadi lebih baik, indah dan bersih.

"Semoga seluruh warga bisa guyub rukun seterusnya," pungkas Kades.[hud/col]