Bangkit dari Pandemi, Wisata Pelang Ditata Ulang

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang juga ikut terkena dampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Hampir empat bulan lebih sektor pariwisata lumpuh dengan tidak adanya kunjungan ke lokasi-lokasi wisata. Hal ini juga dialami oleh  beberapa wisata yang ada di Tuban.

Seperti Wisata Pelang, Dusun Krajan, Desa Merakurak, Tuban, yang ikut terkena dampaknya. Akibat lama tutup dan alami penurunan pengunjung, sejumlah fasilitas mulai diperbaiki ulang, serta banyak fasilitas yang ditambahkan lagi.

"Lumayan banyak yang ditata ulang, fasilitas juga semakin kita tambah, pembenahan total karena terlalu lama tutup, kita rintis lagi dari awal," ungkap Latif, Sekretaris Pokdarwis Wisata Pelang, saat ditemui Reporter blokTuban.

Fasilitas yang ditambahkan adalah gazebo di sekitar wisata, serta pembenahan area kolam ikan dan pembersihan.

" Sejak buka sudah mulai menata ulang, ada penambahan gazebo. Untuk ke depan kita akan menambahkan sejumlah wisata serta inovasi baru, " tuturnya.

Latif juga menambahkan, tempat wisata itu akan diperluas lagi. Seperti penambahan wahana perahu yang nantinya akan menulusuri belantara sungai.

"Doakan, ke depannya akan ada penambahan fasilitas. Namun kendalanya masih belum ada dana, semoga akan segera terealisasikan, " harapnya.

Selain pemandian, kolam ikan dan  outbond, wisata Pelang juga menyediakan oleh-oleh  khas berbahan sagu.

"Kami masih terus berupaya untuk menambah inovasi dari pembuatan sagu ini, agar lebih tahan lama. Harapan ke depan semoga bisa go international, dan menjadi salah satu wisata berbasis edukasi serta membuat perekonomian warga naik, " pungkasnya.[ulf/ono]