Evaluasi Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Awasi Pembukaan Kotak Suara

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban mengawasi pembukaan kotak suara di gudang KPU Tuban di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husada Kecamatan Tuban, Rabu, (17/3/2021)

Komisioner Bawaslu Tuban, Sunarso mengatakan giat hari ini mengawasi proses pembukaan kotak suara untuk pengambilan data KPU dalam rangka evaluasi pilkada serentak 2020 oleh KPU RI.

"Kita awasi prosesnya agar berjalan sesuai dengan regulasi yang ada dan berjalan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkhul Ihsan menjelaskan pengambilan data ini bertujuan untuk mempersiapkan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan serta untuk proses input di sidalih KPU.

"Ya, tujuannya untuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan proses input data di sidalih KPU," sambung Fathul Ihsan.

Alumni Pondok Langitan Tuban itu menambahkan pengambilan data ini untuk kepentingan evaluasi terkait pelaksanaan pilkada serentak 2020 dan KPU Tuban diberi waktu hingga akhir april 2021.

Selain dihadiri KPU, BAWASLU kegiatan tersebut juga dihadiri dari perwakilan pihak Polres Tuban dan Kodim 0811 Tuban.

Perlu diketahui data yang di ambil berupa data formulir model C. Daftar hadir pemilih-KWK, Model C. Daftar hadir pemilih pindahan-KWK, C. Daftar hadir pemilih tambahan-KWK dan C. Hasil-KWK. [ali/col]