TNI dan Pemdes Waleran Tanam 1.000 Pohon Flamboyan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Anggota TNI dari Koramil 0811/20 Grabagan bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Waleran dan puluhan pemuda melakukan penanaman 1.000 pohon flamboyan di Sumber Mata Air Payak, Dusun Borokembang, Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Minggu (14/3/2021).

Penanaman 1.000 pohon Flamboyan itu dalam rangka untuk menjaga Sumber Mata Air Payak, serta untuk menunjang keindahan pemandangan alam di kawasan yang rencananya akan dijadikan objek wisata alam tersebut.

"Penanaman Pohon Flamboyan ini bertujuan untuk menunjang tempat wisata Payak. Karena, rencananya Payak ini mau dijadikan sebagai tempat wisata alam sehingga dengan ditanami Pohon Flamboyan ini nantinya pemandangannya lebih bagus lagi," terang Kepala Desa Waleran, Ramidi.

Ramidi menambahkan, Pemdes Waleran bersama Perhutani KRPH Kebonagung telah menyiapkan sekitar 15 hektar lahan di kawasan Sumber Mata Air Payak untuk dijadikan sebagai kawasan tempat wisata alam baru di wilayah Kecamatan Grabagan.

Sementara itu, Danramil 0811/20 Grabagan Kapten Inf Hasan Bisri mengatakan, kegiatan tanam 1.000 Pohon Flamboyan ini dalam rangka untuk membantu masyarakat melakukan program penghijauan serta untuk menyiapkan lahan sebagai tempat wisata.

"Jadi tujuan kegiatan ini kami membantu masyarakat untuk melaksanakan penghijauan dan menyiapkan rencana desa wisata di Waleran," terang Danramil Grabagan.

Lebih lanjut, Danramil menuturkan selain penanaman pohon di kawasan tersebut juga dilakukan penanaman pohon di tepi lapangan desa setempat dalam rangka untuk meningkatkan kegiatan olahraga para pemuda.

"Semoga kegiatan tanam pohon ini bermanfaat dan kedepan Desa Waleran lebih maju," harap Danramil.

Sekadar diketahui, kegiatan penanaman pohon itu diikuti oleh Koramil 0811/20 Grabagan, perwakilan Pemerintah Kecamatan Grabagan, Polsek Grabagan, Pehutani KRPH Kebonagung, BKPH Merakurak, Pemdes serta Karang Taruna Desa Waleran.[hud/col]