Meski Harga Cabai Melonjak, Pemilik Warung Makan ini Tetap Patok Harga Normal

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Memasuki musim hujan, harga cabai terus alami kenaikan, di Pasar Baru Tuban sempat melonjak hingga Rp 120.000 per Kilogramnya.

Untuk saat ini, harga cabai rawit Rp 100.000 per Kilogram, cabai hijau Rp 30.000 per Kilogram, dan cabai keriting Rp 45.000 per Kilogram.

Kenaikan harga cabai itu dikeluhkan para pemilik warung makan, sebab keuntungan semakin menurun apalagi di masa pandemi.

Siswati, pemilik warung makan di jalan Gresik KM 1 Tuban, Dusun Keduran, Kecamatan Palang mengatakan, meski keluhkan harga cabai naik, dirinya masih tidak menaikkan harga masakan yang dijualnya.

"Walaupun harganya mahal, saya tidak akan menaikkan harga serta tetap mempertahankan rasa," ujar Siswati, Kamis (4/3/2021).

Selain itu, kenaikan harga cabai juga tidak membuat Siswati mengurangi takaran cabai untuk bahan masakan.

"Saya juga tidak mengurangi takaran cabai, saya biasanya beli 2 sampai 3 kg. Normal saja, nanti kalau berkurang pelanggan saya ikut kabut" Ungkap Siswati.

Hal senada dikatakan Bella, pemilik warung makan lainnya. Dia berharap harga cabai segera turun agar keuntungan jualan kembali normal.

Bella pun juga tidak menaikkan harga masakan yang dijualnya di tengah naiknya harga cabai. Sebab, dia tidak ingin kehilangan pelanggan.

"Mau bagaimana lagi, kalau harga dinaikkan pembeli saya bisa kabur. Jadi tetap pada porsi biasanya" ujar Bella. [mal/sas]