Harga Cabai Melambung, Cabai Busuk Kering di Tuban Dijual Rp50 Ribu Perkilogra

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa pekan terakhir harga cabai rawit di Pasar Baru Kabupaten Tuban terpantau melonjak naik. Harga cabai tersebut melonjak dikarenakan stok di pasar menipis.

Bahkan, akibat harga cabai rawit terus melonjak sejumlah pedagang cabai di pasar baru menawarkan harga cabai busuk yang dikeringkan dengan harga sekitar Rp50 ribu perkilogram.

"Kalau ada yang mau ya Rp50 ribu perkilogram kalau gak segitu ya terserah mau berapa. Tapi terkadang yang beli biasanya warung-warung itu," terang Galiatun kepada blokTuban.com, Kamis (4/3/2021).

Pedagang asal Kecamatan Tambakboyo itu menuturkan, harga cabai rawit beberapa minggu terakhir ini terus naik, dan saat ini cabai jenis rawit merah harganya tembus hingga Rp120 ribu perkilogram.

"Harga cabai rawit merah sekarang mahal karena stok dari petani sedikit, perkilogram Rp120 ribu," terang pedagang asal Kecamatan Tambakboyo tersebut, Kamis (4/3/2021).

Sementara itu, pedagang yang lain Khodijah mengatakan, hal yang senada dengan Galiatun. Menurutnya, harga cabai rawit merah tersebut saat ini hargannya mencapai Rp120 ribu, sedangkan harga cabai rawit hijau Rp35 ribu perkilogram  cabai kriting harganya Rp50 ribu perkilogram.

"Iya harga cabai sekarang mahal. Karena stok dari petani hanya sedikit bila dibandingkan dengan permintaan masyarakat," imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengungkapkan, beberapa pekan ini memang naik dikarenakan faktor musim.

Sebab, dengan musim penghujan ini banyak para petani banyak yang gagal menanam cabai dan gagal panen. "Saat ini banyak hujan, jadi para petani ini tidak panen dengan maksimal," kata Agus.

Sehubungan dengan itu, pihaknya masih melakukan upaya koordinasi ditingkat provinsi untuk saling mengisi bila ada kelebihan kuota atau suplai cabai, sehingga harapannya bisa menekan harga cabai.

"Harapannya dengan upaya ini bisa menekan harga cabai dibawah Rp100 ribu perkilogram. Syukur bila harga bisa seperti semula," pungkas Agus Wijaya.[hud/sas]