Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tokoh lintas agama waktu lalu telah menyinggahi Kabupaten Tuban. Salah satu yang ikut dalam acara penutupan imlek 2572 di Jalan RE Martadinata komplek tempat ibadah umat Tri Dharma atau TITD Kwan Sing Bio Tuban adalah Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto atau akrab disapa Cak Nanto, Rabu (3/3/2021).

Ia mengakui toleransi keagamaan di kabupaten Tuban, Jawa Timur sebagai miniatur ke-Indonesia-an. Pemuda dan tokoh masyarakat juga diingatkan untuk menjaga toleransi keagamaan.

Cak Nanto mengapresiasi masyarakat Tuban yang mampu memaknai perbedaan dan saling support satu sama lain antara perbedaan-perbedaan keyakinan yang tetap satu kesatuan, keberagaman dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Imlek menjadi salah satu tema kebahagiaan bersama. Jadi tidak cuma dirasakan umat Khonghucu tapi juga dirasakan warga Indonesia dalam konteks kemasyarakatan. tinggal bagaimana menjaga dan membangunnya," imbuh pria asal Madura itu.

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu, juga mengingatkan kebhinekaan dalam bernegara adalah konsesus nasional seperti telah diajarkan pendahulu bapak pendiri bangsa.

Negara Pancasila merupakan konsep Darul Ahdi Wa Syahadah yang sudah wariskan. Kita tidak usah utak-atik proses konsesus dari founding father terdahulu. Karena kebhinekaan dan persatuan merupakan kekuatan besar di Indonesia.

Ia mengibaratkan sebuah bangunan atau rumah klenteng yang didalamnya juga terdapat perbedaan-perbedaan. Namun demikian perbedaan tentu ada pengayoman yang sama menjadikan solusi persamaan dalam kemanusiaan. Pada ahirnya juga akan memperkuat toleransi antarumat beragama.

"Selain sebagai tempat ibadah umat Tri Dharma. Kami harap klenteng juga menjadi tempat penggemblengan kader-kader bangsa untuk melihat dan memupuk toleransi kerukunan keagamaan," harapnya.

Di kesempatan penutupan imlek di komplek Klenteng Kwan Sing Bio Tuban oleh pengurus TITD, juga laksanakan bhakti sosial pemberian sembako dan masker kepada puluhan lembaga pendidikan Islam di Tuban. [ali/sas]