Polisi Bongkar Makam Warga Rembang yang Meninggal di Rengel

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Satreskrim Polres Tuban melakukan pembongkaran makam Durrokim (23) warga Desa Woro, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (19/2/2021).

Pembongkaran makam tersebut dilakukan untuk mengungkap dan memastikan penyebab meninggalnya korban, pada (13/8/2020) lalu di Desa Kebonagung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Pasalnya, pihak keluarga melaporkan kejadian itu agar pihak kepolisian memastikan penyebab kematian korban. Sebab, pihak keluarga sempat menemukan sejumlah kejanggalan.

Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri saat dikonfirmasi mengungkapkan, ini termasuk adanya laporan pasal 359 dugaan ada kelalaian atas meninggalnya korban yang terjadi di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. 

Saat ini Polres Tuban dan juga tim Forensik dari Polda Jawa Timur melakukan autopsi dan pemeriksaan terhadap jasat korban untuk proses lebih lanjut.

"Dari adanya laporan tersebut, kami mengharuskan untuk membongkar makam untuk keperluan autopsi. Ini juga sebagai tahap akhir agar menemukan hasilnya yang tepat dan menemukan hasil penyebab meninggalnya korban," terang Kasatreskrim Polres Tuban.

Kasatreskrim yang memimpin tim penyidik Polres Tuban itu menuturkan, jika memang nantinya ditemukan indikasi kearah pembunuhan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan hukuman yang berlaku. 

Sedangkan untuk hasil autopsi harus menunggu hasil laboratorium forensik (Labfor), apakah korban meninggal dunia akibat terlindas truk atau ada unsur kekerasan.

"Iya mas kita tunggu hasil labfor nanti bagaimana hasilnya baru kami melangkah ketahap selanjutnya," imbuh Kasat.

Sekadar diketahui, proses autopsi itu dimulai dengan penggalian makam, kemudian jasat diangkat dan dilakukan pemeriksaan oleh tim forensik dengan disaksikan oleh tim penyidik Polres Tuban. Selanjutnya setelah dilakukan pemeriksaan jenazah dimakamkan kembali.

Diketahui, korban sebelumnya ditemukan meninggal dunia di pinggir jalan sekitar area tambang di Desa Kebonagung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada (13/8/2020).

Saat itu dari rumah, korban berangkat bersama rekannya naik dump truk, akan mengambil bahan tambang. Laporan awal, korban diduga meninggal dunia akibat terlindas truk yang dikemudikan oleh teman korban.[hud/col]