3.330 Orang Tuban Telah Divaksin

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Vaksin Covid-19 telah disuntikkan kepada 3.330 orang di Kabupaten Tuban. Vaksinasi tahap 1 dosis pertama mencapai 91 persen atau sekitar 2.884 orang.

Sedangkan vaksinasi Covid-19 tahap 1 dosis kedua mencapai 446 orang. Vaksinasi tahap 1 dilakukan di 2 RSUD, 33 Pukesmas dan 1 Klinik, Senin (15/2/2021).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati mengungkapkan jumlah total penerima vaksin Covid-19 di tahap 1 di kabupaten Tuban mencapai 3.530 penerima.

"Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban yang diawali  pada pimpinan Forkopimda dan tokoh agama di Pendopo Krido Manunggal, selanjutnya, sasaran pada para tenaga kesehatan (nakes) dan pegawai fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dengan usia 18-59 tahun sudah mencapai 91 persen," ujar Endah.

Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun, pada 9 Februari Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, menerima vaksin Covid-19 dosis pertama disusul Bupati Tuban H Fathul Huda pada 12 Februari.

Setelah vaksinasi tahap 1 selesai akhir Februari 2021, lanjut Endah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban segera bergerak cepat mendata calon penerima vaksin Covid-19 tahap 2.

Pada bulan Maret mendatang akan dilakukan penyuntikan dosis pertama. Proses vaksinasi tahap 2 rencanannya dapat diselesaikan dalam kurun waktu 2 bulan.

Adapun sasaran vaksinasi tahap 2 adalah profesi pelayanan publik yang kontak dengan banyak orang diantaranya personil TNI, Polri, Satpol PP, Aparatur Sipil Negara, Guru/Dosen, pedagang pasar, petugas objek wisata, dan pers. Sedangkan masyarakat umum akan masuk pada vaksinasi tahap 3.

“Saat ini dilakukan sinkronisasi data antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," imbuh Sekretaris Dinkes Tuban.

Endah Nurul menjelaskan sebagai upaya percepatan, Dinkes Tuban juga akan menambah tenaga vaksinator dengan melibatkan nakes dari rumah sakit dan klinik swasta untuk diberikan pelatihan vaksinasi. Pelibatan nakes dari sektor swasta menjadi mendukung kesuksesan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Dinkes Tuban bekerja secara paralel untuk memenuhi target nasional yaitu dapat selesai dalam kurun waktu 17 bulan. Begitu selesai proses penyuntikan data langsung diperbaharui bersamaan dilakukan vaksinasi tahap pertama dosis kedua. Di samping itu, disusun langkah-langkah selanjutnya.

“Proses vaksinasi kabupaten Tuban diharapkan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1 tahun,” pungkasnya. [ali/sas]