Dampak Pandemi, Tingkat Okupansi Hotel Menurun Drastis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pandemi covid-19 yang masih berlangsung saat ini membuat perekonomian masyarakat terdampak. Tak terkecuali sektor restoran dan hotel di Kabupaten Tuban.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Tuban, Mirza Ali Mashur mengatakan, restoran dan hotel sangat terdampak pandemi covid-19. Namun, yang lebih terdampak adalah sektor hotel.

"Terkait dengan hotel dan restoran, terutama hotel di masa pandemi ini sangat berat. Jadi, seluruh indonesia dan bahkan dunia bisnis hotel dan restoran sangat berdampak," terang Mirza Ali Mashur.

Dia mejelaskan, selama masa pandemi ini tingkat okupansi atau hunian hotel menurun drastis. Hal itu disebabkan karena tamu-tamu atau masyarakat yang hilir mudik tidak ada.

Bahkan, saat ini banyak hotel yang sudah mulai memPHK karyawannya. Sebab, untuk bertahan sangat berat dibebani lagi dengan karyawan dan tidak ada tamu, sehingga ini sangat berat.

"Rata-rata okupansi hotel sangat drop. Bahkan bisa dibawah 10 persen dari hari-hari biasa," imbuhnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Tuban tersebut berharap covid-19 segera selesai pemulihan ekonomi juga segera membaik, sehingga bisnis restoran dan hotel bisa kembali normal.[hud/ito]