Tak Ada Pesta, Imlek Dirayakan dengan Bagi Beras

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Perayaan tahun baru Imlek ke-2572 tahun 2021 di Kabupaten Tuban berbeda dari tahun biasanya. Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) meniadakan pesta yang berpotensi menimbulkan keramaian.

Sebagai gantinya Imlek dirayakan dengan pembagian beras ke warga sekitar klenteng. Serah terima simbolis dilakukan di dalam klenteng, dan sisanya didistribusikan ke rumah warga dari pintu ke pintu.

Beras dan paket bingkisan diberikan kepada warga di Kelurahan Latsari, Karangsari, Kecamatan Tuban dan Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu.

Evi dari RT 4 RW 4 Kelurahan Latsari salah satu penerima beras 25 Kilogram /1 zak secara simbolis. Ia bersyukur di tengah pandemi Covid-19, Klenteng KSB membantu warga di lingkungan sekitar.

"Semoga bantuan ini bermanfaat di saat ekonomi warga terdampak pandemi," ujar Evi kepada blokTuban.com di lokasi, Senin (8/2/2021).

Warga Latsari berharap besar antara klenteng dan lingkungan terjalin kerukunan dan tidak ada masalah di internal klenteng. Dengan berbeda-beda agama dan keyakinan, semuanya bisa hidup damai dan berdampingan.

Ditambahkan oleh Alim Sugiantoro selaku Ketua Penilik Demisioner bahwa bantuan beras untuk warga supaya di ada keringanan ekonomi di tengah pandemi. Para RT di sekitar klenteng diundang untuk menerima beras.

"Tahun ini Klenteng tidak bagi-bagi angpao, sebagai gantinya adalah beras," sambung Alim yang juga Ketua Pembina Khonghucu TITD Klenteng KSB.

Perlu diketahui, total beras yang dibagikan kepada warga sebanyak 50 zak dan per zaknya 25 Kg. Setelah acara simbolis, beras kemudian diangkut Tossa dikirim menuju RT masing-masing. [ali/ono]