Ini Makna Shio Kerbau Logam

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tahun baru Imlek atau Lunar New Year akan diperingati pada tanggal 12 Februari 2021. Di Kabupaten Tuban tepatnya di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) imlek digelar digelar secara sederhana tanpa ada atraksi barongsari seperti tahun sebelumnya.

Alim Sugiantoro selaku Ketua Penilik Demisioner mengatakan tahun ini adalah Kerbau Logam. Tahun kerbau logam juga bisa diartikan dengan tanda tahun baru di tahun yang baru. Shio Kerbau Logam menjadi momentum semua orang bangkit dan bekerja giat setelah melewati tantangan.

"Simbol logam diharapkan ekonomi masyarakat yang terdampak wabah corona kembali pulih dan lebih baik," ungkapnya, Sabtu (6/2/2021).

Tahun Kerbau dimaknai dengan pengertian akan giat bekerja, pantang menyerah dan dapat diandalkan. Setelah melewati satu tahun penuh dengan kecemasan, tahun 2021 sudah sepantasnya menjadi tahun penuh harapan dan semangat untuk memperbaiki dan menjadi individu yang lebih baik lagi.

Menjelang Imlek sejumlah persiapan juga telah dilakukan oleh pihak klenteng, dengan melakukan bersih-bersih. Mulai pembersihan bagian-bagian tempat ibadah, penggantian lampion, dan penataan lilin.

Untuk ritual pembersihan patung dewa sendiri telah dilalukan lebih awal. Yaitu sebelum pemasangan lampion dan bersih-bersih lainnya. [ali/ono]