Kejuaraan Robotik Nasional, Robot Rakitan Dua Siswa Tuban Juara 2

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dua siswa MI Darul Ulum Widang yaitu Prasetio Adi Nugroho dan Firda Khalifa Nurillah mengharumkan nama Kabupaten Tuban level nasional. Robot Kapal Tenaga Surya rakitan mereka menjadi yang kedua tercepat di Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 di Jakarta.

Tim Robotik MI Darul Ulum Widang, Prasetio Adi Nugroho mengaku cukup tegang saat bertanding melawan tim lain di final MRC. "Rasanya campur aduk, gemetaran dari pertama bertemu peserta lain sampai tanding di arena," ungkapnya.

Begitupun Firda menambahkan jika di final timnya bertanding sebanyak 3 kali di arena lomba. "Rangkaian panel surya yang kami pakai menjadi andalan utama untuk menggerakkan robot kapal kami," jelasnya.

Di ajang MRC tahun ini, MI di Kabupaten Tuban berhasil menjadi juara dua kategori Best Point Robot ASV (AMPHIBIOUS SOLAR VEHICLE) Basic. Sebelumnya juga meraih juara 1 best desaign MRC tahun 2019.

Meski hanya meraih juara ke 2, lanjut Pembina robotik MI Darul Ulum Widang, Nur Cahyati bahwa prestasi tersebut sudah membanggakan karena tidak semua madrasah dapat mengulang sejarah.

"Kecepatan robot ASV karya siswa MI Darul Ulum Widang Tuban hanya berselisih 0,38 detik dengan robot ASV juara 1," sambungnya.

Ditambahkan Kepala Sekolah MI Darul Ulum Widang, Khoiriyah bahwa grand final MRC 2020 di Jakarta diikuti dengan protokol kesehatan. Semoga Kementerian Agama dan Pemerintah Kabupaten Tuban dapat memberikan apresiasi kepada anak didik yang telah membawa nama Madrasah Tuban ke kancah Nasional melalui kontes robotik tingkat Nasional, Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 di Jakarta.

"Terima kasih banyak atas dukungan dari berbagai pihak sehingga MI pinggiran seperti ini dapat mengikuti ajang kompitisi robotik bergengsi tingkat Nasional," tutupnya. [ali/col]