Hindari Tumpahan Kalsium di Jalur Pantura, Pengendara Motor Jatuh

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kalsium sebanyak 25 ton lebih tumpah dan memenuhi Jalur Pantura perbatasan Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang dan Desa Minohorejo, Kecamatan Widang sekitar pukul 11.20 Wib. Adanya bubuk tersebut di jalur nasional membahayakan pengendara motor.

Terpantau pengendara motor perempuan sampai tergelincir jatuh, setelah berusaha menghindari tumpahan kalsium. Seketika langsung ditolong orang yang ada di lokasi kejadian. Motor korban langsung dibawa ke tepi jalan.

Untuk menghindari kejadian terulang, beberapa orang mengatur lalu lintas kendaraan sebelum dua polisi datang ke tempat kejadian.

Puluhan ton kalsium awalnya dimuat oleh truk trailer bernopol L 8939 UI, dikemudikan oleh Imam. Trailer baru keluar dari PT. Panca Kalsiumindo Perkasa.

Pengakuan driver trailer, bahwa kondisi jalan Pantura miring dan menanjak sehingga muatannya tumpah. Karena ada di depan pabrik, dua alat berat langsung membersihkan tumpahan sebisanya.

"Kondisi jalan miring ditambah susunan muatan kalsium terlalu tinggi. Posisi jalan agak naik dan akhirnya tumpah," ungkap Imam kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (23/1/2021).

Evakuasi berjalan cukup lama lebih dari 1 jam, dan kondisi lalu lintas belum lancar. Kemacetan juga terpantau dari Jembatan Timbang Widang hingga Alas Jalin Pakah ikut Desa Gesing, Kecamatan Semanding.

Beberapa kendaraan pribadi terlihat mengambil jalan pintas menghindari kemacetan. Ada yang mengambil arah Rembes Palang, maupun arah Plumpang. [ali/rom]