Usai Bimtek EDM dan e-RKAM, Madrasah Wajib Disiplin Prokes

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dengan penuh protokol kesehatan, Bimtek Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan elektronik Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) oleh Tim Inti Madrasah (TIM) sukses digelar selama lima hari berturut-turut.

Bertempat di MI Darul Ulum Widang, kegiatan Bimtek yang diikuti lebih dari 80 peserta ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid beserta TIM dari Kabupaten Tuban dan Provinsi Jawa Timur pada Senin, 4 Januari lalu.

Ulfah Hayati Muzayanah selaku TIM dari Kabupaten Tuban selalu mengingatkan tentang protokoler kesehatan, mulai dengan wajib ganti seragam setiap hari, pakai masker, cuci tangan, dan wajib selalu membawa handsanitizer.

“Terus waspada dan menjaga protokol kesehatan, karena sampai saat ini pembelajaran belum diijinkan untuk tatap muka. Pandemi ini masih ada, maka harus preventif dalam setiap kesempatan," tuturnya, Sabtu (9/1/2021).

Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan. Sekaligus kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi.

Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan, dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Sahid menambahkan, terkait dengan EDM dan e-RKAM ada 29 indikator yang meliputi 5 aspek yaitu kedisplinan, pengembangan diri pendidik dan tenaga kependidikan, penilaian atas proses pembelajaran, sarpras, dan pembiayaan. Selain itu, 5 aspek tersebut perlu dievaluasi dan dirumuskan sesuai visi misi madrasah.

“Jangan hanya copy paste dari madrasah lain, karena setiap madrasah mempunyai ciri khas masing-masing, seperti MI Darul Ulum Widang ini contohnya, mampu meningkatkan kualitas madrasah di daerah melalui prestasi robotikanya,” pesan Kepala Kemenag Tuban.

Khoiriyah selaku ketua panitia lokal menegaskan semangat kebersamaan seluruh warga sekolah untuk mau mengevaluasi diri demi kemajuan bersama adalah kunci dari manfaat EDM ini.

"Kami meminta dukungan do’a dari seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban khususnya dalam Grand Final Madrasah Robotic Competition 2020 yang akan di gelar di Jakarta," sambung Khoiriyah yang merupakan kepala MI Darul Ulum Widang.

Perlu diketahui, Bimtek ini menghadirkan narasumber dari tim Tim Inti Kabupaten (TIK), Tim Inti Provinsi (TIP). Ditutup pada tanggal 8 Desember 2021. [ali/col]