Permintaan Tinggi, Harga Ikan dan Rajungan di Pasar Naik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Momen pergantian tahun baru dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk bakar-bakar ikan. Jelang perayaan tersebut warga mulai berburu ikan hingga rajungan di Pasar Ikan Desa Keradenan, Kecamatan Palang, Tuban, Kamis (31/12/2020).

Pasar yang terletak di tepi Jalan Deandels Tuban, nampak ramai didatangi pengunjung. Tawar menawar harga ikan tak terelakkan antara pembeli dan penjual.

Tidak hanya warga Tuban yang datang ke Pasar Keradenan, tapi juga pengunjung asal Kabupaten Bojonegoro. Suhartini warga Bojonegoro mengaku membeli beberapa jenis ikan untuk menu santapan malam tahun baru.

"Saya beli ikan manyung per kilogramnya Rp 35.000. Harganya menurutnya normal karena jarang beli langsung ke pasar," ujar Suhartini kepada blokTuban.com.

Bersama suami dan anaknya, Suhartini berangkat dari Bojonegoro sejak pagi. Tujuannya untuk mendapatkan ikan segar hasil tangkapan nelayan Kradenan.

Sementara itu, penjual ikan Pasar Keradenan, Muayyadah menjelaskan ikan yang paling diburu pembeli adalah jenis togek, dan kakap merah untuk bakaran malam tahun baru.  Sedang ikan yang dijual berbagai jenis. Ada togek, kakap merah, kerapu, tengiri, manyung, cumi-cumi rajungan, dan kepiting.

"Untuk harga ada kenaikan tapi tidak terlalu banyak. Ikan Togek yang naiknya 75 persen, dan ikan lainnya naiknya normal," sambung perempuan berjilbab cokelat.

Togek sebelumnya Rp20.000 sekarang Rp35.000 per Kg. Untuk harga ikan Kakap merah sebelumnya dibandrol Rp30.000 sekarang menjadi Rp40.000 per Kg. Rajungan sebelumnya Rp75.000 naik menjadi Rp85.000 per Kg. Untuk Tongkol turun dari Rp40.000 ke Rp35.000.

Pantauan di Pasar Ikan Keradenan, pengunjung sulit menerapkan 3M. Mayoritas pembeli ikan sudah memakai masker, hanya ada beberapa orang yang kurang disiplin. Untuk jaga jarak dan tidak berkerumun sulit dihindari. [ali/ono]