Siapkan Akses R2 untuk Tahun Baru, Begini Tanggapan Masyarakat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Masyarakat yang berada di selatan Tuban agaknya bakal mendapat angin segar. Sebab, Jembatan Glendeng yang menjadi akses terdekat menuju Bojonegoro akan disiapkan jalur kendaran khusus roda dua (R2) untuk melintas.

Dari pantauan lapangan, tampak bagan jembatan sebelah utara telah digali untuk pemadatan jalan hubung. Sementara disisi yang sama terdapat plat injak yang bakal dijadikan akses R2 bagi pengguna jalan.

"Ya Alhamdulillah sudah terlihat ada progres pekerjaan. Paling nggak kita, masyarakat bisa lewat meskipun pakai sepeda motor," ujar Manto, warga setempat kepada blokTuban.com, Rabu (30/12/2020).

Ditambahkan lagi, keadaan demikian bakal mempermudah mobilitas masyarakat. Baik yang berada di Tuban area selatan maupun Bojonegoro. Akses masyarakat yang memiliki aktivitas pendidikan, pekerjaan, serta urusan lain antar Tuban-Bojonegoro, akan semakin dimudahkan.

"Meskipun nanti cuma cukup 1 kendaraan, dan harus gantian, ya gak masalah. Daripada harus memutar atau lewat peragu seberangan, jadi gak nambah biaya," imbuh lelaki yang sehari-hari berwiraswasta itu.

Hal senada juga dipaparkan oleh Aris, seorang peternak yang sangat bergantung pada akses mobilitas Tuban-Bojonegoro. Adanya upaya pemerintah untuk membuka jalur R2 sementara, dinilai bagus dan sangat membantu masyarakat.

"Jadi kalau mau kirim barang, beli kebutuhan, dan nemui rekanan Bojonegoro bisa gampang. Semoga cepat selesai dan kembali seperti dulu lah," kata warga asal Desa Prambontergayang.

Sementara itu, dari pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tuban, Agung Supriyadi selaku Kepala Dinas saat dikonfirmasi blokTuban.com melalui pesan singkat jaringan Medsos belum bisa memberikan jawaban lebih soal progres bangunan Jembatan Glendeng.

Dari Pj Kepala Desa (Kades) Simo, Amiek Fadhori saat dikonfirmasi tentang progres penggunaan plat injak untuk akses R2 mengaku belum tahu kaoan persisnya bisa digunakan masyarakat dan pengguna jalan.

"Belum tahu kapan persisnya bisa dilewati. Tapi kita doakan saja semoga lekas rampung pengerjaannya. Segingga tidak hanya dilewati R2 daja, rapi juga R4," tandas Pj Kades Simo menerangkan. [feb/col]