Jelang Tahun Baru, Polisi Sisir Bengkel dan Penjual Knalpot Brong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Satlantas Polres Tuban mendatangi sejumlah bengkel dan toko yang menjual knalpot brong. Hal itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi konvoi pada saat malam pergantian tahun.

Kanit Diyaksa Satlantas Polres Tuban, Ipda Sampir Santoso mengatakan, kegiatan sosialisasi dan inventarisir ini dilakukan terhadap toko-toko variasi motor yang menjual knalpot racing yang tidak standar sesuai dengan keluaran pabrik.

“Kegiatan ini sebagai antisipasi konvoi saat malam pergantian tahun baru, karena biasanya anak-anak muda ini mengganti dengan knalpot brong, apalagi pengguna knalpot ini biasanya mengendarai kendaraanya dengan kecepatan tinggi, sehingga sangat membahayakan dan meresahkan warga,” terang Ipda Sampir Santoso, Selasa (29/12/2020).

Lebih lanjut, dalam kegiatan ini petugas hanya memberikan imbauan kepada penjual tanpa diberi sanksi ataupun penyitaan. Namun, bagi toko yang kedapatan menjual knalpot brong diimbau untuk tidak memajang di kios.

“Seluruh bengkel yang menyediakan knalpot brong kita imbau untuk diturunkan, dan ini kita lakukan menyeluruh di Tuban lewat polsek-polsek,” imbuhnya.

Selanjutnya jika nanti masih ada yang nekat memasang knalpot brong akan ditindak tegas dengan penilangan, hingga penyitaan kendaraan.

Kendati begitu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun secara berlebihan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Tindakan dijalan penggunanya akan ditilang sampai disita sepeda bermotornya. Saat ini masih pandemi lebih baik di rumah saja jika tidak benar-benar diperlukan,” pungkasnya.[hud/ito]