Saluran Air Pecah, Tanggul Bengawan Solo Berlubang

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Pecahnya saluran pompanisasi bis di dalam tanggul, menyebabkan lubang besar pada tanggul Bengawan Solo yang ada di Desa Kedungharjo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban.

Kalaska Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, pada Kamis (24/12/2020) sekira pukul 23.00 Wib, BPBD Tuban mendapat laporan tentang ditemukannya lubang pada tanggul sungai bengawan solo, sisi selatan, tepatnya di Desa Kedungharjo. "Paginya kita langsung bergerak ke lokasi," ujar Yudi Irwanto, Jumat(25/12/2020).

Ia menjelaskan, penyebab munculnya lubang pada tanggul dengan lebar 2,5 meter, panjang 4 meter kedalamam 3,70 meter ini, diakibatkan pecahnya saluran pompanisasi bis di dalam tanggul.

Lebih lanjut, upaya yang dilakukan tim BPBD Tuban bersama pemdes dan forkopimka Widang melakukan assessment ke lokasi kejadian, serta  berkoordinasi bersama pemdes, BBWS Bengawan solo dan Forkopimka.

"Himpunan pemakai air (HIPPAM) akan melakukan penggantian bis yang pecah di dalam tanggul dan melakukan perbaikan tanggul dengan rekomendasi kajian teknis oleh BBWS bengawan solo," tuturnya.

Untuk penanganan darurat sementara, BPBD Tuban akan mengirimkan gedhek dan trucuk. Pihaknya juga berharap kepada masyarakat yang tinggal di sekitar tanggul tersebut untuk selalu waspada dan berhati-hati.

"Kami langsung mengirimkan gedhek dan trucuk untuk penanganan sementara," tandasnya. [nid/rom]