Apel Pasukan Operasi Lilin, Kapolres: Jangan Sampai Menimbulkan Klater Baru

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di halaman Mapolres Tuban, personel gabungan dari Polres Tuban, TNI, Dishub, BPBD dan Satpol PP Kabupaten Tuban melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Senin (21/12/2020).

Apel gelar pasukan yang digelar serentak tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono dalam rangka memastikan kesiapan akhir personel dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas menjelang dan pasca perayaan Natal dan Tahun Baru di masa pandemi covid-19.

Adapun pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020 tersebut akan di gelar selama 15 hari dimulai pada 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 dengan objek yang menjadi saran pengamanan adalah gereja, tempat hiburan, tempat wisata, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat keramaian.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan langsung oleh Kapolres Tuban, mengingatkan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 ini jangan sampai terjadi klaster baru penyeabaran Covid-19.

"Pengamanan ini tidak boleh dianggap agenda rutin pengamanan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan di masyarakat. Terlebih saat ini di masa pandemi Covid-19 ini, jangan sampai perayaan kegiatan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru" terang Kapolres Tuban.

Lebih lanjut, terkait dengan jumlah personel yang dilibatkan untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021. Kapolres menyampaikan, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) beberapa hari lalu beberapa instansi terkait dilibatkan dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Operasi ini akan melibatkan personel gabungan yang terdiri atas 185 personel Polres dibantu Sub Denpom 3 personel, 23 personel dari TNI Kodim 0811, Dishub 12 Personil Satpol PP 21 Personel, BPBD 6 Personel serta Kesehatan 6 Personel, Kita ada 4 Pos, 3 Pos Pam dan 1 Pos Pelayanan mulai dari Bancar, Rest Area, Pos Boom dan Pos pantai Kelapa panyuran," imbuh AKBP Ruruh.

Mantan Kapolres Madiun itu menambahkan, pihaknya akan bekerjasama dengan instansi terkait untuk memberikan himbauan kepada masyarakat di tempat-tempat keramaian.

"Praktis untuk operasi lilin tahun ini sifatnya kita akan menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menghindari kerumunan dan mematuhi prokes. Kita akan bekerjasama dengan TNI, Dishub dan Satpol PP akan melakukan patroli ke tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat" pungkas Kapolres.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 turut dihadiri oleh Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, Forkopimda, PJU Polres Tuban serta seluruh Kapolsek. [hud/rom]