Warga Swadaya Tambal Jalan Nasional Berlubang di Bancar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Intensitas hujan yang tinggi dan genangan air membuat jalan Pantura di Kabupaten Tuban sering berlubang dan rusak. 

Tepatnya Jalan Nasional di Desa Bancar, Kecamatan Bancar aspalnya banyak yang terkelupas dan berlubang.

Melihat jalan rusak, warga Desa Bancar kemudian melakukan swadaya dan gotong royong memperbaiki dan menutupnya dengan tanah pada tanggal 19 Desember 2020. Hal itu sebagai bakti sosial dan kepedulian terhadap pengguna jalan umum. 

"Soalnya sudah banyak merenggut korban kecelakaan akibat dari sumber itu (lubang di jalan raya)," ucap Sam salah satu warga Bancar kepada blokTuban.com, Minggu (20/12/2020). 

Sam menambahkan, aksi sosial ini murni swadaya dimana bahan pedel untuk menutup lubang berasal dari warga setempat. Perbaikan juga hanya dilakukan di lingkungan Desa Bancar saja. 

"Kalau misal semua sumber penyebab dil

 lingkungan kita sudah kita perbaiki ya cukup. Soalnya cakupannya cuma lingkungan kita sendiri," imbuhnya. 

Sam juga memposting aksinya di media sosial. Tujuannya bukan pamer, tapi untuk merangsang dan memotivasi masyarakat lain untuk melakukan hal yang sama terhadap lingkungan mereka.

Perbaikan jalan secara manual dilakukan, karena warga Bancar tidak ingin mengeluh dan menyalahkan satu lain tapi lebih pada aksi langsung di lapangan. 

"Semoga aksi kecil kami bisa mengurangi jumlah pengendara jatuh akibat menghindari jalan berlubang," harapnya.

Jalan berlubang tidak hanya di Kecamatan Bancar saja tapi merata hingga Kecamatan Widang. Para pengguna jalan diharapkan lebih berhati-hati khususnya malam hari dan saat hujan turun. [ali/col]