Pekerja Tambang Batu Kumbung Tewas Terkena Gergaji Rajam

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Seorang pekerja tambang batu kumbung di galian tambang Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban meninggal dunia dengan kondisi mengenaskan usai terkena gergaji rajam.

Korban diketahui bernama Kasmin (48) warga Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, kejadian nahas itu terjadi pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 11.15 WIB. Ketika itu korban bersama dua rekannya sedang bekerja menggergaji batu kumbung di tambang milik Munir warga setempat.

Saat menggergaji batu kumbung, korban berusaha membersihkan kerikil yang menghambat putaran gergaji. Namun, secara bersamaan kaos korban yang dipergunakan untuk menutup kepalanya dari terik matahari menyangkut ke puli gergaji atau karet pemutar yang menghubungkan dinamo dengan gergaji.

Sontak, kaos penutup kepala yang menyangkut ke puli gergaji itu membuat korban ikut tertarik dan membentur ke gergaji rajam yang masih dalam kondisi berputar.

"Dari keterangan saksi sesaat sebelum korban terkena gergaji, korban berusaha membersihkan kerikil yang menghambat putaran gergaji. Tapi kaos korban yang dipergunakan untuk menutup kepalannya menyangkut ke puli gergaji, sehingga membuat korban tertarik dan membentur ke gergaji rajam yang masih dalam kondisi berputar," terang Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri.

Selanjutnya, kedua rekan korban yang melihat kejadian itu langsung berusaha menolong korban, namun korban sudah meninggal dunia dan selanjutnya melaporkan kejadian itu ke Polsek Semanding.

"Akibat kejadian itu, korban meninggal dunia dengan menderita luka terbuka atau terbelah pada bagian dada hingga perut, dengan usus terburai," jelas Kasat.

Petugas dari Polsek Semanding yang menerima laporan itu langsung mendatangi TKP dan membuat Sket TKP, menghubungi Petugas medis dari Puskesmas Semanding, mencatat identitas saksi-saksi serta melakukan penyelidikan lebih lanjut. [hud/rom]