Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Kebutuhan Pokok Naik

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, sejumlah harga komoditas pangan di Tuban mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan blokTuban.com di Pasar Baru Tuban, untuk cabai merah per kilogramnya mencapai Rp51 ribu dari harga sebelumnya Rp45 ribu. Untuk cabai kriting mengalami kenaikan Rp5 ribu dari sebelumnya Rp40 ribu kini menjadi Rp45 ribu per kilogramnya, cabai rawit Rp47 ribu dari harga sebelumnya Rp39 ribu.

"Kenaikan sudah sekitar satu bulanan," ujar Rumiyatun (50), Minggu (13/12/2020).

Selain itu, harga telur juga mengalami kenaikan dari semula Rp24 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp27 per kilogramnya.

"Untuk daging ayam broiler juga mengalami kenaikan hanya seribu rupiah, dari Rp32 ribu per kilogram kini menjadi Rp33 ribu per kilogram," imbuhnya.

Ia menjelaskan, kenaikan sejumlah komoditas pangan dipicu musim hujan dan menjelang perayaan natal. "Setiap tahun sudah seperti ini, jelang Idul Fitri, Natal atau pun tahun baru pasti harga meroket sebab kebutuhan konsumen meningkat," tuturnya.

Sementara itu, penjual lainya Sutomo (45) mengatakan, untuk harga bawang merah dan putih masih relatif stabil diantaranya untuk satu kilogram bawang merah Rp30 ribu dan untuk bawang putih Rp23 ribu.

"Sudah satu minggu ini belum ada kenaikan," tandasnya. [nid/rom]