Begini Prakiraan Tinggi Gelombang di Laut Tuban Lima Hari ke Depan

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki garis pantai sepanjang 65 Kilometer. Membentang dari timur mulai Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo dan Bancar paling ujung barat berbatasan dengan Jawa Tengah.

Nelayan di lima kecamatan tersebut terus berpacu waktu dan berharap hasil tangkapan ikannya melimpah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Tuban selama lima hari ke depan, mulai tanggal 13-17 Desember 2020.

Prakirawan BMKG stasiun meteorologi maritim Surabaya, Ady Hermanto dalam siaran persnya menjelaskan sesuai peta kondisi gelombang di Perairan Tuban-Lamongan hari ini berkisar 0.50-1.25 meter.

Hari Senin (14/12) kondisi gelombang rendah kisaran 0.30-1.00 meter. Pada Selasa (15/12) kondisi laut tenang dengan tinggi gelombang hanya 0.10-0.50 meter. Hari berikutnya Rabu (16/12) gelombang naik lagi tapi dalam kondisi rendah 0.20-0.75 meter.

"Pada tanggal 17 Desember perairan Tuban gelombangnya kisaran 0.30-1.00 meter," ucap Ady.

Pengguna laut juga diingatkan adanya cuaca buruk atau gelombang dengan tinggi lebih dari 2.5 meter ada di Perairan utara Jawa Timur, Laut Kangean, Laut Jawa bagian timur dan perairan selatan Jatim.

Lebih dari itu, BMKG juga menambahkan informasi bahwa keberadaan awan cumulonimbus (cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggo gelombang. [ali/ono]