UNIROW Gelar Seminar Hasil Riset dan Pengabdian Masyarakat CGPro
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban menggelar seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Collaborative Grants Program (CGPro), Selasa (8/12/2020) siang. Sekaligus acara di aula lantai dua gedung Rektorat tersebut sebagai agenda laporan akhir implementasi kerja sama antara UNIROW dengan PT Semen Indonesia (SI) (Persero) Tbk.
 
Rektor UNIROW, Supiana Dian Nurtjahyani menjelaskan, rangkaian acara ini merupakan puncak kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu ada juga monev publikasi artikel.
 
"Di tahun 2020 ini, UNIROW dengan PT SI ada tiga kegiatan yang kita implementasi. Pertama riset, pengabdian masyarakat dan publikasi artikel ilmiah," ujar Dian, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Selasa (8/12/2020).
 
Semenjak tahun 2018, lanjut Dian, UNIROW dengan PT SI telah menjalin kerja sama. Alhasil selama dua tahun ada 18 karya ilmiah yang sudah di seminarkan.
 
"Bahkan ada satu yang diseminarkan secara Internasional. Jadi semua hasil dari kegiatan riset dan pengabdian masyarakat ini sudah kami publikasikan di ajang seminar nasional maupun internasional," tandasnya.
 
Menurut Dian, hal itu diklaim sebagai ukuran bahwa karya secara ilmiah bisa diterima. Karenanya di seminar internasional itu ada seleksi dulu sebelum karya itu diterima. 
 
Pihaknya berharap dengan hasil positif ini benar-benar bisa berkontribusi untuk masyarakat, khususnya di bidang lingkungan, ekonomi, pengabdian terutama daerah ring satu. Harapannya bisa memberikan suatu wawasan pada daerah-daerah itu melalui hasil-hasil riset yang bisa diberdayakan oleh masyarakat untuk ekonomi kreatif. 
 
"Suatu contoh pembuatan pupuk oleh karang taruna setempat (daerah ring 1 PT SI, red) sehingga ketika membutuhkan tidak usah beli, bisa memanfaatkan sisa daun sehingga dia bisa menyediakan pupuk secara mandiri dan juga bisa berdaya ekonomi," ulasannya panjang lebar.
 
Di kesempatan yang sama, tim CSR PT SI, Andik Sutikno menambahkan, kerja sama antara UNIROW dengan PT SI ini juga sedang mengembangkan Edupark. Tujuannya untuk menyelamatkan satwa langka agar tetap terjaga populasinya.
 
Diharapkan ke depan ada pengembangan sebagai wisata desa baru sehingga muncul perekonomian yang baru pula. Setelah itu ke depan, sesuai dengan semangat kampus merdeka akan diadakan pemanggang
 
"Sudah direncanakan sejak 2019 kemarin diadakan pemagangan dari mahasiswa UNIROW. Jadi mahasiswa bisa langsung bergabung dengan PT SI untuk pemberdayaan masyarakat," imbuhnya.
 
Selain itu kerja sama PT SI dengan UNIROW lainnya lanjut Andik, mahasiswa bisa magang ke pemberdayaan masyarakat yang sesuai dari jurusan yang ada. Misalnya, kata dia jurusan biologi, nantinya bisa membantu di bidang pertanian dan peternakan.
 
"Harapannya semen Indonesia bisa selalu bermanfaat dan tentunya kami berharap kepada civitas bersama mendukung kegiatan CSR di sekitar perusahaan kami," pungkasnya.